Koalisi Nonparlemen Kantongi Lima Nama Bakal Calon Wali Kota Depok

Jalan Margonda, Kota Depok | Foto: Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com

DEPOK, PemiluUpdate.com – Tujuh partai politik (parpol) yang tergabung dalam Koalisi Partai Nonparlemen (KPNP) telah mengantongi lima nama bakal calon wali kota Depok pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Pencetus KPNP yang juga Ketua DPD Partai Perindo Depok Anwar Nurdin menyatakan hal tersebut, namun masih enggan membeberkan ke publik.

“Sudah ada nama yang siap maju menjadi calon wali kota. Kami belum menentukan siapa yang akan didukung karena masih dalam proses pengenalan. Tentu mereka harus mampu membangun Kota Depok ke depan,” kata Anwar kepada wartawan di Depok.

KPNP terdari atas tujuh parpol, yakni Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Hati Nurani (Hanura), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Berkarya, dan Partai Garuda.

Anwar menjelaskan koalisinya mencari sosok calon wali kota Depok yang menguasai pembangunan sektor pendidikan dan kesehatan. Yang bersangkutan, tambahnya, juga wajib mampu mengedepankan perwujudan ideologi Pancasila dalam menjalankan tugas-tugasnya nanti.

Selain itu, menurut Anwar lagi, KPNP menuntut calon wali kota mampu mengatasi kemacetan lalulintas di Depok. Masalah kemacetan lalulintas di kota penyangga Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta merupakan persoalan yang mengganggu mobilitas masyarakat selama ini.

“Kami tentu saja mendukung calon wali kota yang dapat menyelesaikan permasalahan di Depok. Programnya harus terarah menyelesaikan berbagai persoalan nyata,” tandas Anwar.

Depok memiliki luas wilayah 202 kilometer persegi. Dihuni hampir dua juta jiwa. Depok menjadi akses alternatif menuju kota Jakarta, Bogor, Bekasi, dan Tangerang. Kemacetan kendaraan bermotor di jalan-jalan kota setiap hari terjadi.

Depok memiliki 1,2 juta lebih pemilih terdaftar yang tersebar di 11 Kecamatan. Mereka akan menentukan pilihan kepala daerahnya pada September 2020.


Bakal Calon PKS

Sementara itu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Depok telah mengumumkan lima nama bakal calon wali kota Depok periode 2020-2025. Mereka adalah Hafid Nasir, Imam Budi Hartono, Suparyono, Farida Rachmayanti, dan Amri Yusra.

Nama-nama tersebut muncul berdasarkan hasil Pemilihan Umum Internal Raya (Pemira) yang dilakukan DPD PKS Depok pada akhir Mei lalu.

Ketua DPD PKS Depok Hafid Nasir mengatakan dari hasil Pemira terjaring sejumlah nama. Kemudian dikerucutkan menjadi delapan nama, dan saat ini menjadi lima nama. Nama-nama telah diusulkan ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Jawa Barat (Jabar).

“Kelima nama dikeluarkan dan masing-masing diminta menaikkan popularitas dan elektabilitasnya. Setelah itu dikembalikan ke publik,” kata Hafid di Depok.

Ditanya siapa yang akan menjadi bakal calon pasti, Hafid menuturkan hal ini kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Kewenangan pihaknya hanya melakukan Pemira bagi kader dan survei bagi nonkader untuk kemudian nama tersebut diajukan ke DPW dan DPP. []PemiluUpdate.com-RDY

Update: 11 November 2019, Pk. 12.05 WIB


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: pemiluupdate@gmail.com]

Baca berita viral seru di media grup kami: Bening.Media

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here