Strategi Pemenangan Pilkada: Survei

Ilustrasi: Mobilisasi lembaga survei | Foto: beritametro.news - PemiluUpdate.com

PEMILUUPDATE.COM – Dulu, pemimpin sudah ditetapkan sebelum lahir. Kehebatannya penuh dengan balutan mitos dan mistis secara turun-temurun.

Hari ini, di era demokratis, permainan mitos tergantikan oleh logika. Rasionalitas. Orang-orang tidak lagi mau dininabobokkan.

Seorang calon pemimpin –sebut saja bupati/wakil bupati dan wali kota/wakil wali kota– perlu melakukan kerja-kerja politik sebagai syarat mencapai target “kursi”, kini. Mereka tidak bisa lagi bersikap pasif bak putra mahkota yang menunggu penobatan.

Seorang politisi dituntut untuk melakukan aktivitas politik yang terencana dalam suatu manajemen yang baik. Satu pola perencanaan tak berlaku seragam bagi semua politisi. Ragam perencanaan harus disesuaikan dengan kondisi objektif masing-masing.

Meski demikian, uraian di bawah dapat dikatakan sebagai garis besar atas satu sisi yang harus disiapkan kontestan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Persiapan jauh-jauh hari yang harus dirancang dan dieksekusi berupa analisis terhadap kalkulasi ekonomi yang akurat. Risiko biaya sosioekonomi dan sosiopolitik perlu dilakukan. Sejak dini karena efisiensi dan efektivitas harus menjadi faktor yang dihadirkan.

Tim pemenangan kandidat pilkada seharusnya berpikir strategik-efisien guna mengurangi risiko dan meningkatkan keuntungan/manfaat (to minimize risks and to maximize profits).


Manfaat

Pilkada adalah proses demokrasi yang dapat diukur, dikalkulasi, dan diprediksi dalam proses maupun hasilnya.

Survei merupakan salah satu alat pendekatan untuk mengukur, mengalkulasi, dan memprediksi peluang sang kandidat. Upaya meraih target kemenangan perlu memanfaatkan data empirik, ilmiah, terukur, dan dapat diuji.

Survei bermanfaat untuk pemetaan kekuatan politik. Survei untuk:
1. Memetakan posisi kandidat di mata masyarakat;
2. Memetakan keinginan pemilih;
3. Mendefinisikan mesin politik yang paling efektif digunakan sebagai vote getter;
4. Mengetahui media yang paling efektif untuk kampanye.

Untuk mengetahui peta dukungan dan preferensi pemilih terhadap kandidat berdasarkan beberapa aspek: wilayah, usia, jenis kelamin, pekerjaan, agama, afiliasi keagamaan dan organisasi sosial, serta tingkat sosial-ekonomi.

Ilustrasi: Kandidat pemilu | Foto: rilis.id – PemiluUpdate.com

Guna mengetahui tingkat popularitas kandidat di masyarakat, baik masa prakampanye maupun pada masa kampanye menjelang pemilihan. Melalui survei, tim sukses dapat memperkirakan seberapa besar dana yang diperlukan untuk membiayai kampanye.

Melalui survei tim sukses dapat mengemas pencitraan kandidat sesuai dengan ideal yang diharapkan pemilih dan dapat menggunakan media kampanye yang tepat.

Untuk mengidentifikasi isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat sebagai bahan kampanye kandidat dan dapat menyusun program kampanye sesuai kehendak pemilih. Untuk mengetahui besaran peluang atau probabilitas menang kandidat dalam pilkada.

Survei juga sebagai sarana sosialisasi” kandidat kepada masyarakat calon pemilih.


Waktu Survei

Survei perlu diadakan minimal tiga kali sebelum hari H pesta demokrasi.

Pertama, sebaiknya dilakukan secepat mungkin. Sebab kandidat yang tahu situasi lebih cepat memiliki kemungkinan menang lebih besar. Survei pertama digunakan untuk mengukur modal dasar yang dimiliki kandidat dan mengukur harapan masa pemilih.

Survei pertama dipakai sebagai dasar pencitraan kandidat dan strategi pemasaran, serta pemenangan kandidat.

Kedua, diadakan 2-3 bulan setelah tim sukses bergerak memasarkan kandidat (berkampanye). Survei ini digunakan untuk mengetahui seberapa efektif strategi kampanye yang telah dilakukan.

Ketiga, dilaksanakan saat pelaksanaan kampanye pilkada. Survei ini digunakan buat mengetahui seberapa efektif strategi kampanye dan upaya pemenangan yang telah dijalankan. Juga untuk menilai perkiraan perolehan suara kandidat dalam pilkada nanti. []PemiluUpdate.com-RUT

Update: 10 November 2019, Pk. 10.20 WIB

[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: pemiluupdate@gmail.com]

Baca berita viral nan seru di media grup kami: Bening.Media

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here