Papua Rawan Konflik Pilkada 2020, Sama Pemilu Sebelumnya

Marsekal TNI Hadi Tjahjanto | tribunus.co.id - PemiluUpdate.com

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Papua salah satu di antara 270 daerah yang dikalkulasi di bawah potensi rawan konflik pada Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020. Ancaman serupa sama dengan pada ajang pemilihan umum (pemilu) sebelumnya.

Mengantisipasi ancaman keamanan dimaksud, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya menyiapkan pengamanan maksimal di provinsi tersebut.

[Baca juga: Tahapan Pilkada 2020 Bergulir, Posisi Bawaslu Kabupaten/Kota Tidak Jelas]

“Adapun daerah yang diperkirakan berpotensi konflik karena isu SARA, konflik horizontal, dan politik uang adalah wilayah Papua,” ungkap Hadi dalam rapat kerja bersama Komisi I DPR di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 6 November 2019.

[Baca juga: Pilkada Serentak 2020: 9 Pilgub, 224 Pilbup, dan 37 Pilwakot]

Hadi menjelaskan terdapat tiga aspek yang menyebabkan adanya ancaman konflik Pilkada 2020, yaitu aspek penyelenggaraan, kontestasi, dan partisipasi. Jajaran TNI, kata Hadi, siap mengamankan penyelenggaraan pilkada serentak tersebut dengan menyiagakan personel guna membantu Polri.

Ditambahkan, TNI pada Pemilu 2019 mengerahkan personel sebesar 2/3 dari kekuatan yang diterjunkan Polri. Menghadapi pilkada tahun depan, personel TNI pasti kembali dilibatkan. []PemiluUpdate.com-RMK


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here