Target PDIP Jabar Robohkan Dinasti Golkar di Bandung dan Indramayu

Ono Surono | Foto: gesuri.id - PemiluUpdate.com

KABUPATEN BANDUNG, PemiluUpdate.com – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Jawa Barat bertekad memenangi pertarungan di lima dari delapan kabupaten/kota yang menggelar Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Petahana kepala daerah menjadi salah satu modal yang dimaksimalkan guna meraup suara. Petahana dimaksud di Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Tasikmalaya.

Pemilihan bupati-wakil bupati atau wali kota-wakil wali kota di Jawa Barat (Jabar) tahun depan di tujuh kabupaten dan satu kota. Kabupaten dimaksud, yakni Bandung, Sukabumi, Cianjur, Sukabumi, Karawang, Indramayu, dan Tasikmalaya. Kota satu-satunya, yakni Depok.

PDIP Jabar memang tak memiliki kader petahana di enam daerah lain. Meski demikian, partai politik (parpol) berlambang kepala banteng ini tetap optimis mampu berjaya. PDIP menurunkan kader terbaiknya sebagai calon bupati/wakil bupati atau wali kota/wakil wali kota.

Parpol pemenang Pemilu 2019 ini juga memiliki target merobohkan dinasti politik di Bandung dan Indramayu. Selama ini, kedua kedua kabupaten dimaksud, dipimpin politikus Partai Golkar secara turun-temurun. Manuver melanggengkan dinasti kekuasaan diperkirakan berlanjut pada Pilkada 2020.

Selain menerjunkan kader terbaiknya, PDIP bakal menjadi isu kemiskinan warga setempat sebagai amunisi kampanye.

“Strategi untuk melawan dinasti cukup mengangkat isu dasar tentang kesejahteraan rakyat. Politik dinasti di Kabupaten Bandung dan Indramayu dinilai tak mampu menekan angka kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan, tingkat pendidikan masyarakat, serta memperkuat infrastruktur,” papar Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono beberapa waktu lalu.

[Baca juga: Azwar Anas Sebut PDIP Lahirkan Kepala Daerah Berprestasi]

Khusus di Bandung, PDIP menyiapkan sosok Yadi Srimulyadi dan Nia Purnakania sebagai penantang. Selain keduanya, ada sederet kader-kader terbaik di DPC PDIP Kabupaten Bandung. Hal yang sama di Indramayu.

Yadi adalah anggota DPR RI hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019. Dia pernah menjabat sebagai Ketua DPC PDIP 2000-2015, Ketua DPRD Kabupaten Bandung 1999-2004, dan Wakil Bupati Kabupaten Bandung pada era Bupati Obar Sobarna 2010-2014. Nia pun kader yang tak kalah menonjol. Saat ini anggota DPRD Jabar 2019-2024.

Ada juga mantan Wakil Ketua yang kini terpilih kembali menjadi anggota DPRD Kabupaten Bandung 2014-2019, Hen Hen Asep Suhendar, serta Ketua DPC PDIP Kabupaten Bandung Harjoko.

Kendati begitu, Ono mengaku pihaknya tak bisa maju sendiri dalam pencalonan di Pilkada Kabupaten Bandung. Perolehan tujuh kursi di DPRD mengharuskan partai kepala banteng itu untuk berkoalisi mencapai batas minimal 11 kursi untuk bisa mengusung calon. []PemiluUpdate.com-AHN


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here