Rapat Tertutup dengan Mahfud MD, Tito Tolak Jelaskan Keamanan Papua

Tito Karnavian (Istimewa/liputan6.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian melakukan pertemuan tertutup dengan Mahfud MD di kantor Kementerian Koordinator Politik Hukum dan HAM (Polhukam) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa, 29 Oktober 2019.

Rapat mantan Kepala Kepolisian RI (Kapolri) dengan Menteri Koordinator Polhukam Mahfud MD itu berlangsung tertutup. Tidak satupun jurnalis yang diperbolehkan meliput langsung pembicaraan Tito dan Mahfud. Pertemuan berlangsung sekitar 30 menit.

Sebelum meninggaklan kantor Kemenko Polhukam, Tito memberikan keterangan kepada awak media yang telah menunggu. Tito mengaku pertemuan dirinya dengan Mahfud sebagai kegiatan biasa. Sebagai Mendagri, Tito melapor ke Mahfud sebagai Menko Polhukam yang membawahi Kementerian Dalam Negeri.

“Dalam rangka melapor sebagai menteri yang di bawah koordinasi beliau. Semenjak dilantik, saya belum menghadap beliau,” ujar Tito.

Usai dilantik sebagai Mendagri pada 20 Oktober lalu, Tito langsung mendampingi Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dalam kunjungan kerja ke Papua Barat dan Papua.

“Saya, kan, langsung ke Papua mendampingi Pak Presiden. Kemudian beliau menanyakan masalah dan situasi Papua. Jadi, saya menghadap ke beliau untuk menjelaskan situasi Papua dan langkah-langkah ke depannya. Intinya itu. Detailnya nggak (bisa) saya bicarakan,” ungkap Tito lagi.

Tito tak menjawab pertanyaan wartawan mengenai situasi keamanan terkini di Papua. Provinsi di belahan paling timur Indonesia ini mengalami gangguan keamanan serius menjelang pelantikan Jokowi selaku Presiden RI dan Ma’ruf MD sebagai Wakil Presiden RI (Wapres RI). Mendagri langsung menuju mobil yang ditumpanginya tanpa mengubris pertanyaan pers.

Soal lain yang sempat disinggung Tito, yakni mengenai dana otonomi khusus Papua. Dia cuma menegaskan pentingnya pemanfaatan anggaran secara tepat.

“Tugas Mendagri adalah melakukan pembinaan pembangunan. Ada Rp800 triliun lebih yang ditransfer ke daerah. Itu harus tepat sasaran. Di antaranya harus menyinkronkan visi-misi Bapak Presiden dengan kebutuhan khas pembangunan lokal,” tandas Mendagri Tito. []HDN


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here