Mantan Senator Nofi Candra Akhirnya Deklarasi Calon Bupati Solok

Nofi Candra (kiri) (Istimewa/beritanda1.com)

SOLOK, PemiluUpdate.com – Anggota DPD RI periode 2014-2019 Nofi Candra mendeklarasikan dirinya siap maju sebagai calon bupati di Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Solok. Daerah salah satu di antara 224 kabupaten yang menggelar pilkada pada 2020.

“Saya siap maju pada Pilkada di Kabupaten Solok. Saat ini masih menjajaki dan berkomunikasi dengan tokoh lainnya untuk jadi pasangan calon wakil bupati,” katanya kepada pers di Arosuka, Kabupaten Solok, Sumatera Barat, Selasa, 22 Oktober 2019.

Dalam jumpa pers, Nofi menguraikan berbagai persoalan masyarakat Solok, khususnya yang berkaitan dengan ekonomi. Ia juga menyampaikan solusi yang disiapkannya bila terpilih nanti.

“Pembangunan memang sudah banyak dilaksanakan oleh pemimpin sebelumnya, namun sektor ekonomi sangat penting seiring makin meningkatnya kebutuhan masyarakat,” ujar Nofi.

Masyarakat Solok hampir 80 persen bermatapencaharian di sektor pertanian, namun produk masyarakat belum sejalan dengan permintaan pasar. Menurut Nofi, petani di kawasan tertentu di kabupaten ini mampu menghasilkan produk yang sesuai permintaan pasar, tetapi tataniaganya dikuasai spekulan. Akibatnya, petani tetap miskin.

“Beras Solok unggul. Tanaman hortikultura seperti bawang merah dan sayuran, perkebunan seperti kopi dan teh organik Solok dikenal berkualitas baik. Sayang sebagian besar petani masih miskin,” tandasnya.

Nofi mengatakan dirinya tak ingin petani terus dirugikan. Tataniaga dari hulu hingga hilir harus dibenahi guna mengangkat derajat kesejahteraan kalangan petani.

Ditambahkan, dirinya sanggup menghadirkan solusi atas masalah dimaksud. Salah satunya, yakni membangun jaringan bisnis dengan pihak ketiga dan memberdayakan kelembagaan yang ada kini.

Soal sektor pariwisata, masih menurut Nofi, Solok memiliki potensi sangat indah untuk dijadikan destinasi. Sebut saja danau, gunung, area pertanian yang luas, air terjun dan lainnya.

“Banyak konsep wisata yang dapat dibentuk di Kabupaten Solok, tetapi jika dikelola pemda saja tentu tidak akan berkembang. Tempat wisata perlu dikerjasamakan dengan pihak ketiga sehingga berkembang pesat dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” paparnya lagi.

Dikatakan, pengalaman dan berbagai kenalan selama menjadi anggota DPD dapat membantunya membangun Solok. Kabupaten ini membutuhkan dana dari pusat agar lebih mempercepat pembangunan.

Insya Allah dengan link dan kenalan di kementerian dan pusat, saya akan membangun Kabupaten Solok ini ke arah yang lebih maju,” yakin Nofi.


Dukungan Walinagari

Sebanyak 45 walinagari di Kabupaten Solok yang dipimpin Asisten I Sekda dan Ketua Forum Walinagari Kabupaten Solok beberapa waktu lalu menggelar pertemuan di Jakarta. Mereka meminta Nofi Candra terjun sebagai calon bupati pada Pilkada 2020.

Asisten I Sekda Kabupaten Solok Edisar Dt. Manti Basa menyebutkan Solok saat ini membutuhkan sosok pemimpin yang bisa membawa daerah penghasil beras ini kembali kepada kejayaannya.

“Kabupaten Solok kini kehilangan figur. Solok hari ini butuh pemimpin yang visioner. Sikap kita harus jelas, jika memang ingin perubahan di Kabupaten Solok. Harapan itu tertumpang pada diri senator Nofi Candra,” ujar Edisar yang disambut serempak disambut sepakat oleh para walinagari.

Menurutnya, Solok dulu selalu menjadi tujuan bagi daerah lain yang ingin belajar tentang tatakelola pemerintahan yang baik dan bersih. Kini yang terjadi sebaliknya, Solok yang belajar ke daerah lain.

“Saya meminta adinda Nofi Candra agar membulatkan tekad untuk maju Pilkada 2020. Bawalah perubahan dengan energi dan semangat baru bagi kemajuan Solok,” ucapnya.

Nofi pada kesempatan itu mengapresiasi dukungan yang diberikan tokoh masyarakat kepadanya.

Kabupaten Solok masuk 13 daerah plus Sumatera Barat (Sumbar) yang menggelar pilkada pada 23 September 2020. []NDR


[REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: 0813.1703.6688 (WA). Email: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here