PDIP Nilai Usul Pimpinan MPR Menjadi 10 Orang Tidak Logis

Gedung MPR di Jakarta (Istimewa/gentaandalas.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Eva Sundari menegaskan tak logis usulan pimpinan MPR periode 2019-2024 sebanyak 10 orang.

“Masak mau ubah aturan? Nggak masuk akal,” tandas Eva menjawab wartawan, Senin, 12 Agustus 2019.

Pernyataan itu terkait usul yang diajukan Partai Amanat Nasional (PAN) dengan alasan untuk meredakan polemik perebutan kursi oleh partai politik (parpol).

Eva menyatakan ketidaksetujuannya. Menurut dia, usulan tersebut justru menimbulkan kegaduhan. “Itu usulan akomodatif, semua parpol ingin jadi pimpinan, termasuk yang nggak berprestasi,” ujarnya.

Komposisi pimpinan MPR saat ini mengacu Pasal 15 UU Nomor 2 Tahun 2018 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (UU MD3), yakni satu ketua dan tujuh wakil. Komposisi pimpinan MPR periode 2019-2024 juga harus mengacu kepada UU dimaksud.


Alasan Rekonsiliasi

PAN melemparkan usulan pimpinan menjadi 10 orang untuk meredakan perebutan kursi petinggi MPR. Hal ini menyusul pernyataan PDIP yang membuka peluang membuat paket pimpinan MPR bersama eks partai koalisi Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno, dengan syarat mendukung amendemen terbatas UUD 1945.

“Awal periode ini pimpinan MPR lima orang. Setelah beberapa saat, diubah menjadi delapan orang. Tentu sangat baik jika pimpinan yang akan datang disempurnakan menjadi 10 orang. Rinciannya sembilan mewakili fraksi-fraksi dan satu mewakili kelompok DPD. Soal siapa ketuanya, bisa dimusyawarahkan untuk mencapai mufakat,” papar Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Partaonan Daulay kepada awak pers, Minggu (11/8/2019).

Menurut Saleh, rekonsiliasi kebangsaan yang dicita-citakan bisa teraktualisasi lewat penambahan kursi pimpinan MPR. Ia pun berharap penetapan paket pimpinan MPR terpilih lewat musyawarah mufakat.

“Musyawarah mufakat adalah perwujudan demokrasi Pancasila. Itu yang perlu diaktualisasikan lagi saat ini. Dengan begitu, rekonsiliasi kebangsaan yang diinginkan semua pihak bisa terealisasi,” kata Saleh. []RMK/HDN


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here