Setahun Tanpa Wakil, Anies Kritik Pansus DPRD DKI Jakarta

Anies Baswedan (Istimewa/idntimes.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengkritik panitia khusus (pansus) DPRD yang penyebabkan dirinya telah setahun “jomblo” atau tanpa wakil. Sementara masa tugas DPRD DKI Jakarta periode periode 2014-2019 segera berakhir.

“Pansus sudah bekerja berbulan-bulan. Kami harap pansus segera menunaikan. Jangan sampai pansus tercatat dalam sejarah sebagai pansus yang gagal menyelesaikan tugasnya,” tegas Anies di kediamannya, Lebak Bulus, Jakarta, Minggu, 11 Agustus 2019.

Jika pansus telah menyelesaikan tugasnya, lanjut Anies, maka pihaknya juga berharap segera disidangkan hasil kerjanya untuk penetapan wakil gubernur pengganti Sandiaga Salahuddin Uno.

Walaupun mengkritisi kinerja pansus penggodokan Wakil Gubernur DKI Jakarta, mantan Mendikbud itu mengaku percaya persoalan dimaksud bakal terselesaikan. “Kita tunggu saja. Saya percaya dewan akan menuntaskan dengan segera,” kata Anies.

Lebih lanjut Anies menyatakan pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai kepala daerah ibu kota negara selama ini tak bermasalah. Persoalan yang muncul cuma bagian protokoler yang semua agenda harus dilakoni sendiri. Berbeda bila ada wakil.

“Acara-acara banyak sekali dan badan ini cuma satu. Kalau ada wakil berbagi. Selama ini semuanya harus dijalani sendiri,” tukas Anies.

Dia lalu mengingatkan bahwa masa jabatan DPRD DKI periode 2014-2019 juga akan tuntas pada Agustus ini. Wakil rakyat DKI Jakarta diharapkan tidak malah melimpahkan penetapan wakil gubernur DKI ke DPRD periode 2019-2024.

Pemilihan dan penetapan wagub DKI merupakan tugas DPRD DKI periode 2014-2019. Bila tak terlaksana maka menjadi penilaian tidak baik atas kinerja mereka.

Sandiaga selaku wakil gubernur DKI Jakarta terpilih bersama Anies pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Sandiaga resmi meletakkan jabatannya pada 9 Agustus 2018 setelah mengikuti Pilpres 2019 sebagai calon wakil presiden Prabowo Subianto, nomor urut 02. []ALY


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here