Irma Chaniago: Dukungan Nasdem kepada Anies Baswedan Bukan Untuk Pilpres 2024

Anies Baswedan (kiri) dan Surya Paloh (kanan) (Istimewa/liputan6.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Ketua DPP Partai Nasdem Irma Suryani Chaniago mencoba meluruskan pernyataan Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh soal dukungan partainya kepada Anies Baswedan –gubernur DKI Jakarta– jika hendak maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024.

Surya menyebutkan sikap Nasdem itu usai bertemu Anies di Jakarta pada Rabu (24/7/2019). Anies mengenakan seragam resmi Pemprov DKI Jakarta saat menemui Surya. Soal dukungan ini menyeruak ketika Presiden terpilih Joko Widodo hasil Pemilu 2019 belum dilantik.

Irma mengatakan dukungan yang dimaksud Surya sebenarnya bukan dalam konteks pemilu presiden-wakil presiden (pilpres) mendatang. Melainkan dukungan kepada Anies terkait peningkatan kinerjanya memimpin pembangunan di DKI Jakarta.

“Jadi, yang dimaksud SP (Surya Paloh) kepada Anies adalah dukungan Nasdem terkait peningkatan kinerja beliau sebagai Gubernur DKI, bukan untuk Pilpres 2024,” tandas Irma kepada pers di Jakarta, Kamis, 25 Juli 2019.

Ditambahkan, pertemuan kedua tokoh tidak membahas masalah politik Pilpres 2024. Keduanya berbicara seputar perkembangan pembangunan di ibu kota negara. “Keduanya membicarakan perkembangan pembangunan di semua sektor di DKI,” ujar Irma lagi.

Irma menegaskan pula bahwa pertemuan Anies-Surya merupakan silaturahim biasa. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang “dipecat” Presiden Joko “Jokowi” Widodo ini bertandang ke Markas Nasdem, dan diterima Surya.


Butuh Parpol Lain

Pada perhatian di Kantor DPP Nasdem di Jakarta Pusat, Surya menegaskan mendukung perjalanan karir politik Anies. “Lahiriyah batiniyah-lah dukungan,” kata Surya, usai pertemuan.

Pada saat itu, eks elite Partai Golkar tersebut menyatakan partainya bila Anies maju sebagai capres maka Nasdem menjadi “perahu”.

“Tahun 2024, kan, tergantung Anies. Niatnya sudah pasti ada di situ. Semua niat-niat baik harus terjaga asal baik,” tandasnya.

Surya pun mengingatkan perlu dukungan partai politik (parpol) guna mengusung dan mendukung sebagai kontestan pilpres nantinya. []RMK/HDN


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here