KPU Tetapkan Caleg DPRD di Empat Provinsi Pasca Putusan MK

Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta (Istimewa/globalindo.co)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan calon legislator (caleg) terpilih dari empat provinsi. Penetapan dilakukan setelah Mahkamah Konstitusi (MK) memutuskan dismissal (tidak menindaklanjuti) 58 perkara dari 260 gugatan hasil Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

“Daerah yang tidak bersengketa untuk DPRD provinsi ada enam provinsi, empat provinsi sudah menetapkan,” ungkap Komisioner KPU Ilham Saputra kepada pers Selasa, 23 Juli 2019.

Keempat provinsi tersebut adalah Nusa Tenggara Timur (NTT), Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, dan Kalimantan Utara. Sebelumnya, KPU telah menetapkan 185 DPRD kabupaten serta kota, yang perkaranya dinyatakan dismissal oleh MK.

Terpisah, Komisioner KPU Hasyim Asy’ari menjelaskan walaupun MK sudah mengeluarkan putusan dismissal pada anggota DPRD di empat provinsi dan 185 kabupaten, penyelenggara pemilu di daerah tak boleh gegabah melantik mereka.

“Putusan dismissal, kan, baru kemarin. Belum tahu apakah jadinya bagaimana. Intinya tidak buru-buru, harus hati-hati dibaca cermat putusan itu. Putusan tersebut merupakan dasar hukum bagi tahapan pemilu selanjutnya,” Hasyim merinci.

Ditambahkan, guna menghindari salah paham, KPU pusat sudah mengirimkan surat edaran (SE) tentang pelaksanaan tahapan pemilu usai tahapan dismissal di MK. SE ditujukan ke KPU daerah. []RMK/RUT


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here