Masih Sekadar Politik Kata-kata

Ilustrasi: Pemimpin di hadapan massa (Istimewa/reportasenusantara.com)

Oleh: Ricky Tamba

TERBANGUN dini hari jelang pukul 03.00 WIB, simak berita di gawai atau gadget, ternyata problem Indonesia masih sama. Mayoritas elite, politisi, dan aktivis masih sekadar semburkan kata-kata tak bermakna, miskin tindakan nyata yang bermanfaat untuk nasib rakyat. Sedih.

Politik kata-kata, miskin gerakan. Pertempuran bait retorika sebatas 240 karakter Twitter dan copasan dari WAG ke WAG. Padahal politik itu idealnya adalah pertarungan gagasan, antara harapan dan realitas kekinian. Bertengkar kosong, yang tak akan pernah kenyangkan perut rakyat.

Zaman edan, salah jadi benar, yang benar terpinggirkan. Pandai membual dan bingkai diri dengan kata-kata, jadi selebritas di dunia maya, seakan sudah jadi elite, politisi, dan aktivis pembela rakyat. Kualitas dunia sosial politik kita kian mundur dari era revolusi kemerdekaan.

Apa kabar utang luar negeri hari ini? Sudahkah jutaan anak mendapatkan fasilitas pendidikan dan kesehatan yang memadai? Bagaimana kondisi petani yang nilai panennya terpuruk di tengah ancaman resesi dunia? Hal ini mungkin tak menarik bagi para selebritas kata-kata sepertinya.

Dulu, Bung Karno, Bung Hatta, Pak Dirman, dan para pendiri bangsa lainnya bertengkar tentang bagaimana nasib bangsa dan masa depan rakyat agar terlepas dari penjajahan. Kini, sepertinya banyak di antara kita yang sibuk merangkai kata hingga mampu menjilat ludah sendiri, hanya demi ikut kuasa.

Ah, masalah rakyat masih sama, pun perilaku para elite, politisi, dan aktivisnya. Pada akhirnya, rakyat harus mau memperjuangkan masa depannya sendiri. Sia-sia berharap pada kualitas menyedihkan mayoritas elite, politisi, dan aktivis saat ini.

Apa kabar gerakan mahasiswa pemuda Indonesia? Sudahkah terbangun dari tidur panjangmu? Tak resahkah kalian?

Hela napas doa dalam hati mau bobo lagi. []


*Penulis
adalah pegiat Jaringan ’98 dan aktivis Gerakan Reformasi ’98


[Pembaca dapat mengisi rubrik opini #NGOPI. Artikel dan foto diri Anda dikirim ke email pemiluupdate@gmail.com. Cantumkan bio data singkat]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here