BPN dan Parpol Koalisi Tolak Hasil Pilpres dan Pileg, Demokrat Membelot

Rapat pleno rekapitulasi penghitungan perolehan suara nasional KPU (Istimewa/kompas.id)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Kubu Pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto-Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno resmi menolak hasil Pemilu 2019.

Saksi pasangan calon (paslon) nomor urut 02 yang diutus Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menolak menandatangani hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara nasional yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Selasa dini hari, 21 Mei 2019.

Rekapitulasi dimaksud meliputi Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 di 34 provinsi dan 130 wilayah luar negeri.

“Kami, saya Azis Subekti dan Pak Didik Haryanto sebagai saksi BPN 02 menyatakan menolak hasil pilpres yang telah diumumkan,” kata Azis usai pembacaan hasil rekapitulasi dalam rapat pleno yang digelar di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat.

Azis menegaskan penolakan tersebut sebagai monumen moral bahwa pihaknya tidak pernah menyerah untuk melawan ketidakadilan, melawan kecurangan, hingga melawan kesewenang-wenangan. Penolakan juga dilakukan sebagai bentuk perlawanan terhadap kebohongan serta tindakan-tindakan yang mencederai demokrasi.

Berita acara hasil rekapitulasi penghitungan perolehan suara pilpres ditandatangani oleh saksi kubu Paslon Presiden Joko Widodo-Wakil Presiden (01), serta ketua dan anggota KPU.


Demokrat Terima Hasil Pileg

Sementara berita acara hasil rekapitulasi penghitungan suara nasional pileg, selain ditandatangani ketua dan anggota KPU juga oleh perwakilan PKB, PDI-P, Golkar, Nasdem, Garuda, PPP, PSI, PBB, dan PKPI.

Wakil Partai Demokrat, yang termasuk kubu koalisi pendukung Prabowo-Sandiaga, ikut menandatangani hasil rekapitulasi final suara pileg.

Sedangkan utusan Gerindra, PKS, PAN, dan Berkarya tetap tak menandatangani hasil pileg. Keempat partai koalisi Indonesia Adil Makmur ini tetap konsisten bersama duet Prabowo-Sandiaga. []LMC


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here