Lukman Hakim dan Hanif Dhakiri Gagal Melenggang ke Senayan

Lukman Hakim Saifuddin (Istimewa/forwatnews.com)

BANDUNG, PemiluUpdate.com – Populer dengan jabatan sebagai menteri bukan jaminan rakyat memberikan suaranya pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019.

Di Jawa Barat, setidaknya dua menteri Kabinet Indonesia Kerja, pembantu Presiden RI Joko Widodo alias Jokowi, gagal melenggang ke gedung DPR RI di Senayan, Jakarta. Mereka adalah Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Perolehan suaranya tidak cukup.

Hal itu berdasar keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengesahkan hasil rekapitulasi penghitungan suara pileg pada Kamis malam (16/5/2019).

Hanif dan Lukman tercatat sebagai calon legislator (caleg) di Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat VI, yang meliputi Kota Depok dan Kota Bekasi. Hanif maju melalui Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), sedangkan Lukman melalui Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Hanif mendapatkan 39.336 suara, sedangkan Lukman memperoleh 30.197. Di Dapil Jabar VI, tidak seorangpun caleg PKB dan PPP lolos ke DPR.

Mantan Menteri Kehutanan M.S. Kaban juga tidak lolos ke DPR RI melalui Partai Bulan Bintang (PBB). Pembanti Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini tidak lolos ke Senayan setelah bertarung di Dapil Jawa Barat (Jabar) I, yang meliputi daerah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Dua politikus muda yang cukup terkenal, yakni Faldo Maldini (Partai Amanat Nasional) dan Ferdinand Hutahaean (Partai Demokrat) juga melempem.

Keduanya gagal ke Senayan dari Dapil Jabar V, yang meliputi daerah pemilihan Kabupaten Bogor. Faldo Maldini memperoleh 37.853 suara, sedangkan Ferdinand mendapat hanya 7.186.

Di Dapil Jabar V, caleg PAN yang lolos ke Senayan, yakni Primus Yustisio dengan perolehan 86.983 suara. Sementara itu, Demokrat diwakili Anton Sukartono dengan perolehan suara 55.634.

Dua tokoh terkenal asal PDIP, yakni Maruarar Sirait dan Anton Charliyan juga tidak lolos ke DPR. Maruarar maju dari Dapil Jabar III, yang meliputi Kabupaten Cianjur dan Kota Bogor. Ara, sapaan Maruarar, mendapat 45.436 suara.

Perolehan itu di bawah politikus PDIP sekaligus petahana DPR RI, Diah Pitaloka, yang memperoleh 47.263. Diah kembali berkantor di Senayan lima tahun ke depan.

Anton Charliyan tidak lolos ke DPR dari Dapil Jabar XI yang meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya. Mantan Kapolda Jabar ini gagal ke DPR setelah memperoleh 43.264 suara. Suara Anton dikalahkan caleg PDIP lain, Dony Maryadi Oekon, dengan perolehan suara 55.178. []BIH


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here