Said Didu Undurkan Diri sebagai ASN di BPPT, Faktor Politik?

Sudirman Said dan Muhammad Said Didu (Istimewa/merahputih.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Muhammad Said Didu, anggota Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Pasangan Calon Presiden Prabowo Subianto-Calon Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno, resmi menanggalkan statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN).

Mantan Sekretaris Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu tercatat sebagai ASN di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Pengunduran diri Said dilakukan saat masih memiliki delapan tahun masa pengabdian sebelum memasuki periode pensiun.

“Setelah mengabdi selama 32 tahun, 11 bulan, 24 hari sebagai pegawai negeri Aparatur Sipil Negara, hari ini saya mengajukan berhenti sebagai pegawai negeri di BPPT, tempat saya bekerja sejak 1986,” ujar Said di Kantor BPP Teknologi, Jakarta, Senin, 13 Mei 2019.

Ditambahkan, dirinya bersyukur sebagai pejabar struktural dapat mencapai puncak karir. Begitu pula dalam jenjang jabatan fungsional.

Ditanya alasan pengunduran dirinya, Said membantah anggapan latar belakang politik, khususnya berkaitan posisinya sebagai bagian tim pemenangan Prabowo-Sandiaga pada Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Namun, faktanya, Said telah berkecimpung sekian lama sebagai bagian BPN Prabowo-Sandiaga sekian lama yang pada saat bersamaan juga sebagai ASN.

“Ini bukan politik. Ini adalah pertanggungjawaban saya bahwa saatnya saya lepaskan status. Saya lama merenungkannya, berunding dengan keluarga, gimana melepas ini,” papar tim Prabowo-Sandiaga yang kritis kepada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK).

Walaupun enggan membicarakan aspek politis di balik pengunduran dirinya, Said menyatakan dirinya tak ingin melanggar peraturan dalam aktivitas pengabdiannya di berbagai bidang. Secara pribadi, lanjutnya, ia tengah memperluas arena pengabdiannya –sebagai mitra pemerintah, lembaga, dan masyarakat.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Kepala BPP Teknologi, mulai dari Prof. Dr Ing. B.J. Habibie sampai kepala BPP Teknologi saat ini, serta seluruh pimpinan dan rekan kerja di BPP Teknologi, Kementerian BUMN, dan Kementerian ESDM yang selama ini bersama-sama bekerja memajukan bangsa dan negara,” papar Muhammad Said Didu. []HDN


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here