Perolehan Suara PAN di Dapil Jawa Barat XI Naik

A. Muhajir Sodruddin (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

GARUT, PemiluUpdate.com – Perolehan suara Partai Amanat Nasional (PAN) Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat XI –meliputi Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, dan Kota Tasikmalaya– pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 meningkat dibanding sebelumnya.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP PAN A. Muhajir Sodruddin mengemukakan perolehan suara PAN tersebut menunjukkan masyarakat Jawa Barat (Jabar) menghendaki perubahan.

“Artinya masyarakat menghendaki kesejahteraan yang lebih baik dibanding tahun-tahun kemarin,” kata Muhajir kepada PemiluUpdate.com di Garut, Jabar, Senin, 29 April 2019.

Jatah dapil Jabar XI di DPR RI sebanyak 10 kursi. Walaupun pleno rekapitulasi di tingkat kecamatan akan digelar Selasa besok (30/4/2019), dan diperkirakan rampung dua-tiga hari ke depan, PAN dipastikan memperoleh minimal satu kursi.

Data yang dihimpun PemiluUpdate.com, Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) menempati posisi puncak dengan meraih tiga kursi. Tujuh kursi sisanya dimiliki Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), PAN, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Demokrat yang masing-masing memperoleh satu kursi.

Muhajir menyatakan jika akhirnya PAN mendapatkan satu kursi maka capaian ini sama dengan Pileg 2014. “Namun, dipastikan perolehan suara pileg tahun ini lebih banyak dibanding pileg sebelumnya. Pencapaian ini patut kami syukuri,” ucapnya. Disebutkan, terdapat penambahan suara minimal sekitar 45 ribu.

Ditanya siapa calon legislator (caleg) PAN Dapil Jabar XI yang bakal lolos ke Senayan, Muhajir mengungkapkan terdapat dua kandidatnya: Haerudin yang berada di nomor urut 1 dan dirinya yang menempati nomor urut 2.

“Saya tidak mau berandai-andai. Kita tunggu saja hasil pleno KPU. Siapapun yang ditetapkan sebagai anggota DPR RI nantinya, bagi saya hal ini bukanlah kemenangan pribadi. Apapun hasil pemilu, rakyatlah sebagai pemenangnya,” papar Muhajir, yang juga pengurus teras PP Muhammadiyah.

Mengenai penghitungan suara Pemilu 2019, Muhajir mengungkapkan prosesnya jauh lebih lambat dibanding pesta demokrasi lima tahunan lalu. Soal penilaian banyak pihak terjadi kecurangan, dia mengatakan dirinya percaya segenap petugas KPU bekerja profesional.

Data lain Dapil Jabar XI, PAN dipastikan memperoleh satu kursi di antara enam di DPRD Jabar. Begitu pula satu kursi di antara lima di DPRD Kabupaten Garut. []ACC


[Diperbarui: 30/4/2019, pukul 11.45 WIB]


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here