Pilpres dan Pileg Serentak Bikin Caleg Jadi ‘Jamila’

Capt. Anthon Sihombing (Istimewa/emaritim.com)

SIMALUNGUN, PemiluUpdate.com – Anggota DPR RI Capt. Anthon Sihombing memaparkan pandangannya tentang pelaksanaan pemilu presiden-wakil presiden (pilpres) bersamaan pemilu legislatif (Pileg) pada 2019.

Ia memaparkannya di acara silaturahim DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan DPR RI di Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Jumat malam, 5 April 2019.

Menurutnya, pelaksanaan pilpres dan pileg sebaiknya dipisah. Penyatuan menyebabkan masyarakat tidak sepenuhnya mampu mengikuti proses kedua pemilu secara maksimal. Berdasar tahapan Pemilu 2019 yang telah berjalan, masyarakat cenderung lebih fokus pada pilpres ketimbang pileg.

Kondisi tersebut, kata Anthon, mengakibatkan kualitas pelaksanaan pilpres dan pileg tidak sepenuhnya maksimal.

Persoalan lainnya, yakni panjangnya masa kampanye. Hal ini mengakibatkan sumber daya yang tersedot untuk pesta demokrasi sangat besar, termasuk yang harus dikeluarkan para calon legislator guna menyosialisasikan diri masing-masing kepada pemilih.

“Kampanye panjang ini membuat para caleg jadi ‘jamila’ atau jatuh miskin lagi,” ungkap politikus Partai Golkar itu bernada canda, yang mengundang tawa peserta silaturahim. Usai bercanda, ia menegaskan dirinya concern pada kualitas pemilu.

Silaturahim DPR RI dengan Koordinatoriat Wartawan DPR RI (Bisma Rizal/PemiluUpdate.com)

Anthon pada Pemilu 2019 adalah caleg DPR RI daerah pemilihan (dapil) Sumatera Utara III, meliputi: Kabupaten Asahan, Kota Tanjung Balai, Kota Pemantang Siantar, Kabupaten BatuBara, Kabupaten Simalungun, Kabupaten dairi, Kabupaten Karo, Kabupaten Langkat, Kabupaten Pakphak Barat, dan Kota Binjai.

Di acara yang sama, Ketua Koordinatoriat Wartawan DPR RI Ramdony Setiawan menyatakan pendapatnya agar penyelenggara pemilu mendahulukan penghitungan suara calon legislator di Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pandangan ini sejalan dengan posisi presiden terpilih yang pelantikannya di parlemen.

“Kalau kita punya Presiden, tetapi anggota parlemennya tidak ada, bagaimana mau melantiknya,” tutur Ramdony. []Bisma Rizal


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here