KPU Tegaskan 7 Kontainer Surat Suara Tercoblos Paslon 01 Kabar Bohong

Ilustrasi: Surat suara (Istimewa/beritasumbar.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Komisi Pemilihan Umum ( KPU) bertindak cepat atas informasi adanya tujuh kontainer berisi surat suara Pemilu Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019 yang sudah dicoblos.

Ketua KPU Arief Budiman dan jajaran bersama pihak Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) serta Bea dan Cukai Tanjung Priok, Jakarta Utara, mengecek kontainer dimaksud. Usai langsung ke lapangan, Arif memberi keterangan pers.

Menemani Arif yakni Komisioner KPU Ilham Saputra, Hasyim Asyari, Viryan Azis, dan Pramono Ubaid Tanthowi. Sementara pihak Bawaslu hadir Komisioner Mochammad Afifuddin dan Rahmat Bagja.

“Hari ini kami memastikan, berdasarkan keterangan yang didapat oleh pihak Bea Cukai, tidak ada kebenaran tentang berita tujuh kontainer tersebut. Itu tidak benar,” tegas Arief di Kantor Bea Cukai Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis dini hari, 3 Januari 2018.

“Tidak benar juga kabar bahwa ada TNI AL yang menemukan itu, dan tidak benar bahwa KPU dikatakan telah menyita satu kontainer tersebut,” sambungnya. Arief menuturkan, kabar mengenai adanya tujuh kontainer berisi surat suara pemilu beredar mulai Selasa (2/1/2019) sore.

Kabar yang beredar, terdapat tujuh kontainer surat suara dari Cina mendarat di Pelabuhan Tanjung Priok. Masing-masing kontainer berisi 10 juta lembar surat suara. Totalnya 70 juta lembar. Surat suara dimaksud sudah dicoblos pada gambar pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden nomor urut 01 yakni Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Arief menegaskan informasi dimaksud dipastikan sebagai kabar bohong atau hoaks. “Jadi semua berita itu bohong,” tandas Arief.


Kabar Dari Andi Arief

Kabar mengenai 70 juta surat suara yang telah dicoblos pada gambar paslon nomor urut 01 dilempar oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Partai Demokrat Andi Arief.

Melalui akun Twitter pribadinya (@AndiArief__), Andi menyatakan “Mohon dicek kabarnya ada 7 kontainer surat suara yg sudah dicoblos di Tanjung Priok. Supaya tidak fitnah harap dicek kebenarannya karena ini kabar sudah beredar”.

Posting Andi diunggah pukul 20.05, Rabu (2/1/2019). Posan ini belakangan dihapus. []RMK/HDN


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here