MA Kabulkan Gugatan, KPU Diminta Kembali Masukkan Nama OSO ke DCT

Bendera Partai Hanura (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Oesman Sapta Odang (OSO) kembali berpeluang kembali duduk sebagai calon legislator (caleg) DPD RI. Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencoret nama OSO dari Daftar Calon Legislator Tetap (DCT) DPD karena yang bersangkutan masih menjabat bos Janura.

Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan OSO atas pencoretan namanya di DCT oleh KPU. Hakim yang menyidangkan kasus ini: Yulius, Is Sudaryono, dan Supandi. “Kabul permohonan,” kesimpulan putusan, lansir situs web MA, Selasa, 30 Oktober 2018. Dengan putusan MA ini maka OSO kembali berpeluang menjadi caleg DPD.

Ketua DPP Partai Hanura Inas Nasrullah mengatakan KPU kini dalam posisi yang sulit. Komisi harus mengikuti putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atau MA. Menurut Inas, putusan MA mengikat untuk dilaksanakan KPU.

“Keputusan MK itu sangat aneh, membuat norma baru. Putusan MA bukan mengoreksi MK tetapi untuk KPU. KPU harus mematuhi putusan MA walaupun KPU kejepit,” kata Inas.

KPU dalam keputusan sebelumnya, mencoret OSO dari daftar caleg DPD karena menjabat sebagai ketua umum DPP Hanura. KPU mengambil langkah ini merujuk putusan MK yang melarang pengurus parpol menjadi caleg DPD. []RUT/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here