Kursi Wagub DKI Kosong Tepat 2 Bulan, Gerindra-PKS Belum Juga Bersepakat

Ilustrasi: Ada semangat membangun koalisi permanen antara Partai Gerindra dan PKS (Istimewa/kompasiana.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan belum dapat dipastikan segera didampingi wakil. Kini, tepat dua bulan pemerintah provinsi ibu kota negara tanpa Wakil Gubernur, pasca Sandiaga Salahiddun Uno mengundurkan diri sebab ikut kontestasi Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) 2019.

Sandiaga, yang kini berstatus Calon Wakil Presiden pendamping Prabowo Subianto, mengembalikan jabatannya dalam rapat di DPRD DKI Jakarta pada 27 Agustus 2018.

Selama ini, belum ada kesepakatan antara Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengenai siapa calon wakil gubernur yang dikirim ke DPRD DKI Jakarta untuk ditetapkan sebagai pendamping Anies Baswedan. Kedua parpol masih saling memperebutkan kursi wakil gubernur (wagub).

Gerindra kukuh memburu kursi wagub berdasar status Sandiaga sebagai kader, sebelum keluar dari parpol besutan Prabowo Subianto ini. Sedangkan PKS juga berpandangan bahwa kursi cagub DKI Jakarta adalah “jatah”-nya karena pihaknya telah “berkorban” pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta 2017.

Posisi kader PKS diganti oleh Anies Baswedan, sosok nonparpol. Bagi PKS, Gerindra seharusnya mengalah kali ini.

Ketua DPD Partai Gerindra DKI Jakarta M. Taufik yang ditanya perkembangan terakhir proses penetapan wagub dimaksud, kembali memberi penjelasan mengambang. Keterangan sama dengan hari-hari kemarin bahwa akan ada pertemuan antara Gerindra dan PKS. Kenyataannya, masa “jomblo” Anies Baswedan hingga sekarang belum jelas kapan berakhir.

“Minggu depan pertemuan Gerindra dan PKS. Nanti kami bahas di situ,” kata Taufik kepada pers di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Minggu, 28 Oktober 2018. Sambungnya, “Tanggal 5 November kalau nggak salah.”

Wakil Ketua DPRD DKI itu belum mengonfirmasikan lokasi pertemuannya dimaksud. Gerindra menunggu mitra koalisinya, PKS, yang mengatur pertemuan. “PKS DKI, dong. Kan, yang bikin surat (pencalonan) PKS DKI,” ujar Taufik.

Sebelumnya, dilansir bahwa penentuan calon wagub DKI Jakarta sepenuhnya di tangan Prabowo dan Presiden PKS Sohibul Iman. Disebut-sebut kedua telah membahas sosok pengganti Sandiaga. Beberapa nama kader PKS sempat mencuat namun belakangan Taufik bermanuver. Ia mengupayakan politikus Gerindra kembali mendampingi Anies Baswedan.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto belakangan memberikan angin segar kepada Taufik untuk menentukan calon wagub DKI Jakarta. Prabowo memberikan wewenang kepada Taufik untuk mengumumkan nama calon dari Gerindra.

“Ketua Gerindra Jakarta namanya Muhammad Taufik. Kalau partai saya begitu. Ada ketua provinsi, dia yang tentukan. Ada ketua DPC, dia tentukan. Saya bagaimana beliaulah,” ujar Prabowo kepada pers di Klender, Jakarta Timur, Rabu (24/10/2018).


Harapan Ketua DPRD

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetyo Edi Marsudi termasuk pihak yang terganggu atas kekosongan pejabat Wakil Gubernur DKI Jakarta. Posisi ini harus segera terisi sebab beratnya tugas kepala daerah di ibu kota negara.

Dalam kaitan dengan DPRD, kata Prasetyo, pemerintah provinsi harus bersiap membahas Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang diajukan ke Dewan.

“Posisi wagub ini harus segera diisi. Ini Pak Anies sudah lama sendirian. Apalagi di masa-masa penting seperti sekarang, ada pembahasan APBD 2019 yang jumlahnya tidak kecil. Besar sekali, Rp87,3 triliun,” kata Prasetyo kepada pers di Jakarta, Jumat, 28 Oktober 2018.

Ditambahkan, peran wagub sangat diperlukan guna mendorong agar jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) meningkatkan penyerapan anggaran demi pembangunan dan kesejahteraan penduduk DKI Jakarta.

“Itu terserah partai pengusung. Saya tinggal menunggu dan memproses jika sudah diserahkan ke DPRD, sesuai aturan yang berlaku,” ujar Prasetyo saat ditanya siapa sebaiknya pengganti Sandiaga. []ALY/LMC/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here