Sistem Penghitungan Suara di KPU: Antara Faktor Keamanan dan Kecepatan

Ilustrasi: Surat suara (Istimewa/beritasumbar.com)

BELITUNG, PemiluUpdate.com – Sistem Informasi Penghitungan Suara (Situng) pada Pemilu 2019 diperkenalkan dan diuji coba. Langkah ini dilakukan melalui bimbingan teknis (bimtek) di Belitung, Bangka Belitung, Selasa, 23 Oktober 2018.

Situng yang bakal dipakai Komisi Pemilihan Umum (KPU) tahun depan sejauh ini masih tahap pengembangan.

Situng garapan Institut Teknologi Bandung (ITB) relatif sama seperti sistem sebelumnya. Sistem ini dirancang buat memudahkan kerja penyelenggara pemilu saat tahap rekapitulasi hasil penghitungan suara.

Pengembang Situng asal ITB Imam Ahmad mengatakan aplikasi Situng pada prinsipnya menghubungkan rekapitulasi penghitungan suara dari berbagai tingkatan: dari KPU kabupaten/kota, provinsi, hingga pusat.

“Intinya, hasil akhir rekapitulasi dimasukkan ke form excel. Kemudian dicetak dan ditandatangani kemudian diunggah sehingga ada dua versi yang di-scan dan hasil dari excel,” jelas Imam.

Terdapat dua jenis aplikasi yakni Situng Desktop dan Situng Web. Situng Desktop difungsikan melakukan proses pemindaian dan pengiriman file, sementara Situng Web untuk mengunduh berbagai form, pencatatan verifikasi dan menetapkan form.

“Saat pelaksanaannya, di provinsi bisa memantau hasil rekapitulasi tingkat bawah dan melakukan rekapitulasi tingkat provinsi, serta penetapan hasil pemilu, sampai menerbitkan SK dan menerbitkan surat pemberitahuan. Kami akan siapkan template-nya,” ungkap Imam.

Terkait aspek keamanan, Imam memastikan pihaknya akan mengantisipasi dengan mengendalikan titik masuk gangguan. Masalahnya, katanya, setiap sistem yang memiliki pengaman tinggi memiliki sisi lain yang harus juga dipahami.

“Misalnya, kita tingkatkan keamanannya maka akan agak sulit diakses, ribet. Itu masih berkembang, belum final, kita masih berdialog,” tuturnya.

Saat pengenalan Situng berlangsung, operator juga diberikan kelas khusus untuk melakukan sinkronisasi data calon legislator (caleg) DPD Provinsi dan DPD kabupaten/kota sebagai bagian rangkaian acara bimtek. []NTO/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here