KPU Sumsel ‘Deadline’ Penyerahan Desain Alat Peraga Kampanye

Kantor KPU Sumsel (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

PALEMBANG, PemiluUpdate.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Selatan (Sumsel) menetapkan 26 Oktober 2018 sebagai batas waktu atau deadline bagi peserta Pemilu 2019 menyerahkan desain alat peraga kampanye (APK).

Komisioner KPU Sumsel Ahmad Naafi menjelaskan dalam Peraturan KPU (PKPU) disebutkan APK dicetak oleh penyelenggara pemilu. Selanjutnya diperbanyak oleh peserta.

“Hingga saat ini baru dua parpol yang menyerahkan design Alat Peraga Kampanyenya. Satu di antaranya masih belum lengkap. Bagi yang belum, kami tunggu hingga 26 Oktober nanti,” tandas Naafi yang membidangi Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, usai rapat koordinasi kampanye di Kantor KPU Sumsel, Senin, 22 Oktober 2018.

Dalam rapat itu disepakati sembilan soal terkait masa kampanye Pemilu 2019. Di antaranya, ukuran APK untuk baliho 4×5 meter. Penambahan APK per titik desa/kelurahan dibatasi sebanyak lima lembar untuk baliho, 10 lembar spanduk, dan dua unit billboard atau videotron per kelurahan/desa.

“Kami telah koordinasi untuk mengawasi APK ini. Bagi yang melanggar aturan akan berurusan dengan Bawaslu,” katanya.

Ditambahkan, APK dipasang di tempat umum sesuai dengan titik pasang yang telah ditetapkan oleh KPU.

“Peserta pemilu bisa memasang APK di rumah pribadi atau fasilitas pribadi lainnya, asalkan mendapat izin dari yang bersangkutan dan dilaporkan ke KPU Sumsel,” jelasnya. []OPJ/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here