Paslon Prabowo-Sandiaga Yakin Survei Internalnya Paling Akurat

Sandiaga Salahuddin Uno (Istimewa/nulis.co.id)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Calon Wakil Presiden (Cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan pihaknya tidak terganggu oleh hasil survei berbagai lembaga riset, yang memenangkan Pasangan Calon (Paslon) Presiden-Wakil Presiden Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Alasan pendamping Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto itu yakni survei internal menunjukkan hasil yang berbeda. Saat yang sama, tim pemenangannya meyakini survei internalnya jauh lebih akurat ketimbang lembaga riset yang selama ini rutin merilis versinya.

“Banyak relawan bertanya, ‘Bang, bagaimana ini survei?’. Saya bilang pengalaman di DKI kemarin, seluruh survei tidak ada yang menyatakan Anies-Sandiaga unggul. Kenyataannya kami memang. Survei internal kami terbukti paling akurat,” tukas Sandiaga di Jakarta, Kamis, 18 Oktober 2018.

Ia menjelaskan survei yang dilakukan tim internalnya melibatkan jutaan responden di seluruh Indonesia. Karenanya, tingkat margin of error-nya kecil.

Walaupun menjelaskan hal tersebut, Sandiaga enggan menjawab jurnalis saat ditanya perbandingan elektabilitas duet Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf dengan pasangan Prabowo-Sandiaga. Dia hanya menyebut elektabilitas kedua paslon saat ini bersaing ketat.

“Saya enggak pernah membocorkan. Saya yakin bahwa ini sangat-sangat berat bersaing. Sekarang angkanya sudah semakin dekat. Angkanya semakin dekat dan ini menarik disikapi oleh seluruh relawan, untuk terus semangat berjuang,” tutur sosok muda itu.

Salah satu contoh lembaga survei yang selama ini memenangkan Jokowi-Ma’ruf adalah SMRC. Level keterpilihan duet nomor urut 1 mencapai 60,4 persen, unggul jauh dibanding lawannya, Prabowo-Sandiaga, yang cuma 29,8 persen.

Sementara LSI Denny JA menyatakan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf mencapai 52,2 persen, sedangkan Prabowo-Sandi cuma 29,5 persen.

Survei Indikator merilis elektabilitas Jokowi-Maruf di angka 57,7 persen, sementara Prabowo-Sandi 32,3 persen. []LMC/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here