Ariroh: Prabowo-Sandiaga Berkomitmen Lindungi Perempuan Pedagang di Pasar Tradisional

Zulkifli Hasan (tengah) dan Ariroh Rezeki Matanari (ke-2 kanan) bersama pedagang pasar tradisional (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

GARUT, PemiluUpdate.com – Ariroh Rezeki Matanari, calon legislator (caleg) DPR daerah pemilihan (dapil) Jawa Barat IX nomor urut 6 asal Partai Amanat Nasional (PAN), menegaskan visi-misi Pasangan Calon (Paslon) Presiden Prabowo Subianto-Wakil Presiden Sandiaga Salahuddin Uno. Khususnya pagi kaum perempuan pedagang di pasar-pasar tradisional.

Menurut Ariroh –yang kerap disapa Neng Ari, paslon nomor urut 2 pada Pemilu 2019 itu berpandangan bahwa keberadaan pasar tradisional kini semakin terancam oleh pasar modern. Padahal, satu pasar tradisional dimiliki oleh ratusan pedagang kecil. Sementara pasar modern dimiliki satu atau beberapa orang saja.

Pasar tradisional termarjinalkan karena perhatian dan perlindungan pemerintah minim. Pedagang kecil dibiarkan bersaing bebas dengan pebisnis besar.

“Padahal pasar tradisional adalah salah satu jantung perekonomian masyarakat. Oleh karena itu kita harus menggrebek kesadaran masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional. Di sini sebagian besar kaum perempuan,” ungkap Neng Ari kepada PemiluUpdate.com, saat mendampingi Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengunjungi Pasar Mandala Giri di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu, 14 Oktober 2018.

Atas kondisi tersebut, kata Ariroh, dirinya melalui komunitas Rerehan Neng Ari (RNA) bertekad memberdayakan ekonomi kaum perempuan umumnya melalui pasar tradisional. Program ini sekaligus membantu para pedagang di pusat ekonomi di berbagai belahan kabupaten/kota di Jawa Barat.

Ditambahkan, pasar tradisional juga merupakan wadah komunikasi antarwarga, selain sebagai tempat jual-beli. “Ada proses tawar-menawar dan ajang silaturahim di dalamnya,” ujar Neng Ari, bersemangat.

Duet Prabowo-Sandiaga, kata Ariroh, memiliki komitmen kuat mendukung kelestarian dan perkembangan pasar-pasar tradisional di seluruh wilayah tanah air. Jangan sampai keberadaan pasar modern menggerus keberadaan pasar tradisional.


Aspirasi Emak-emak

Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan dalam kegiatan grebek pasar tampak menikmati interaksinya dengan para pedagang dan pembeli. Zulkifli menyerap berbagai aspirasi rakyat seputar kondisi perekonomian yang umumnya dikeluhkan pedagang kecil dan kaum emak-emak alias ibu-ibu.

Zulkifli di Pasar Mandala didampingi puluhan anggota RNA. Mereka berdialog hingga emperan pasar.

Usai merampungkan kegiatannya, Zulkifli menikmati soto achry, khas Garut, juga di pasar tersebut. []ACC/RMK/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here