Buka Rakernas LDII, Jokowi Kembali Bantah Dirinya Anggota PKI

Presiden RI Joko Widodo (tengah) di acara Rakernas LDII 2018 (Istimewa/online24jam.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kembali menyinggung penilaian sejumlah pihak yang menyebutkan dirinya anggota Partai Komunis Indonesia (PKI).

Presiden yang kini juga Calon Presiden (Capres) pada Pemilu 2019 membantah penilaian dimaksud. Ia menyampaikan bantahannya di acara Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) 2018.

Rakernas digelar di Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajurroayidin, Pondok Gede, Jakarta Timur, Rabu, 10 Oktober 2018.

“Coba dilihat di medsos (media sosial), Presiden Jokowi PKI, sudah empat tahun diulang-ulang terus. Saya heran ada yang percaya. Saya sampaikan PKI dibubarkan tahun 1966, saya lahir tahun 1961, apa ada aktivis PKI balita? Ganti lagi bukan Pak Jokowi tapi bapak-ibunya, lalu kakek-neneknya,” katanya.

Presiden Jokowi lalu menyatakan siapapun mudah mengecek informasi soal PKI yang disematkan ke pribadinya, apakah benar atau bohong alias tuduhan semata.

“Masjid LDII di dekat rumah saya ada, gede sekali tapi belum selesai. Tanya saja di situ. Saudara-saudara saya di LDII juga banyak, orang tua, kakek, nenek saya, keluarga besar saya itu muslim. Tanya saja PKI yang mana?” tukas Jokowi, mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Melengkapi bantahannya, Jokowi bercerita dirinya pernah berkunjung ke satu ponpes. Tak disebutkan nama dan alamatnya.

“Selesai acara, pimpinan pondok, Pak Kiai, bisik-bisik ke saya. ‘Pak Presiden, saya ingin bicara empat mata’,” ujar Jokowi.

[Baca juga: Jokowi Tepis Isu Anak PKI Sampai Anak Pengusaha Cina-Singapura]

Lanjutnya, menerima pernyataan Sang Kiai, dirinya yakin bahwa pasti soal PKI yang akan diobrolkan. Dugaan Jokowi benar.

“Saya sudah mikir ini pasti urusan PKI. Benar, begitu masuk kamar. Saya jelaskan, ‘Pak kiai, apa ada PKI balita?’ Kaget Pak kiai. Inilah perkembangan teknologi, harus disikapi dengan kearifan dan kebijakan kita,” tambah Presiden.

Pada acara peresmian pembukaan rakernas, Ketua Umum LDII K.H. Abdullah Syam Abdullah memberikan secara langsung dua buah buku kepada Jokowi. Buku tersebut berjudul ‘Buku Pedoman Ibadah’ Jilid I dan Jilid II yang diterbitkan LDII. Selanjutnya, Jokowi menyampaikan sambutannya.

Pada sambutannya, Presiden Jokowi juga memuji penggunaan energi baru terbarukan di sejumlah ponpes milik LDII.

“Saya tadi disampaikan penggunaan energi terbarukan di pondok di Kediri, cepat banget. Energi mikro hidro juga diterapkan. Saya kira ini dilakukan dalam rangka mengisi agar Indonesia maju ke depan,” Jokowi menandaskan. []RMK/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here