HASTO KRISTIYANTO; Politik Gereja

Hasto Kristiyanto (Istimewa/mediaindonesia.com)

PemiluUpdate.com – Tak lama setelah Joko Widodo (Jokowi) memenangi Pemilu 2014, Hasto Kristiyanto dipercaya duduk sebagai deputi Tim Transisi. Hasto, panggilannya, dan tiga orang lainnya ditugaskan membantu Rini Mariani Soemarno sebagai ketua Tim Transisi.

Tim ini bertugas mengantarkan transisi kepemimpinan dari pemerintahan Susilo Bambang Yodhoyono (SBY) ke pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla secara mulus.

Ketika masa kampanye Pemilu 2014, Hasto ditunjuk sebagai koordinator juru bicara tim pemenangan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla. Di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), ia kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen).

Kinerjanya di kedua posisi tersebut, Hasto bisa saja masuk Kabinet Kerja tetapi Megawati memintanya untuk berjuang di partai menggantikan posisi Tjahjo Kumolo yang menjadi Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

[Baca juga: Tudingan Hasto ke SBY Suara Resmi PDIP]

Hasto mengawali sepak-terjang politiknya di PDIP. Tak terpilih lagi menjadi anggota dewan tak menyurutkan semangatnya berkiprah di politik. Puncaknya, ia menjadi orang kepercayaan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.


Pendidikan di Yogyakarta

Pria kelahiran Yogyakarta pada 7 Juli 1966 ini menjalani pendidikan Sekolah Dasar hingga perguruan tinggi di kota kelahirannya. Ia mulai menuntut ilmu di SD dan SMP Gentan. Setelah itu, ia melanjutkan di SMA Kolese De Brito Yogyakarta.

Lulus SMA, Hasto melanjutkan ke perguruan tinggi di Universitas Gadjah Mada (UGM) jurusan Teknik Kimia, Fakultas Teknik. Ia lulus pada 1991. Dalam menjalani kariernya, ia juga menempuh pendidikan bisnis di Prasetya Mulya Business School Jakarta.

[Baca juga: Megawati Rilis Arahan Terbuka Soal Penyerbuan ‘Radar Bogor’, Bukan via Sekjen]

Selama masih berstatus mahasiswa, Hasto aktif mengikuti kegiatan organisasi. Dia bahkan sempat menjabat sebagai Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM. Dari sinilah, Hasto semakin mantap terjun ke kancah politik.


Sentuhan Gereja

Hasto menyebutkan niat bulatnya terjun ke dunia politik tak lepas dari campur tangan gereja. Baginya, kehidupan gereja sangat berperan atas pembentukan dirinya melalui kaderisasi dan bimbingan seorang pastor. Bahkan, hingga kini, Hasto masih melakukan bimbingan rohani dari Pastor Herman Joseph Suhardiyanto SJ.

Berberkal ilmu yang dimiliki, Hasto diganjar sebagai Project Manager Departemen marketing PT Rekayasa Industri, dan pada usia 36 tahun ia menjadi Procject Director PT Prada Nusa Perkasa.

Hasto terpilih sebagai anggota DPR RI Fraksi PDIP dari daerah pemilihan Ngawi, Magetan, Ponorogo, Pacitan, dan Trenggalek, Jawa Timur pada Pemilu 2004. Ia mendapat amanah di Komisi VI yang menangani perdagangan, perindustrian, investasi dan koperasi periode 2004-2009.


BIO DATA

Nama lengkap: Hasto Kristiyanto
Tempat lahir: Yogyakarta
Tanggal lahir: 7 Juli 1966

Keluarga
Istri: Maria Stefani Ekowati
Anak: Dua

Pendidikan
SD Gentan Yogya (1972-1979)
SMP Negeri Gentang Yogya (1979-1982)
SMA Kolese De Brito Yogyakarta (1982-1985)
Fakultas Teknik UGM Yogyakarta (1985-1991)
Prasetya Mulya Business School, Jakarta, (1997-2000)

Karir
Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Teknik UGM (1987–1989)
Project Manager Departemen marketing PT Rekayasa Industri (1992–2002)
Procject Director PT Prada Nusa Perkasa (2003-2004)
wakil sekretaris Bidang II Media Massa dan Penggalangan DPP PDI Perjuangan (2002-2003)
Wakil Sekretaris Bidang Penggalangan dan Pembinaan (2006 – 2010)
Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Komisi VI
Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan
Koordinator juru bicara Tim pemenangan pasangan Jokowi-Jusuf Kalla, 2014
Tim Transisi Pemerintah bentukan Presiden Jokowi, 2014
Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (2015-2020)

[]ALY/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

2 KOMENTAR

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here