Partai Berkarya Gelar Nobar Film Pemberontakan PKI Versi Lengkap

Bendera Partai Berkarya (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Berkarya menggelar acara nonton bersama, umumnya disebut nonton bareng atau nobar, film Pemberontakan G30S/PKI (Partai Komunis Indonesia).

Kegiatan nonton bersama film sejarah itu dilaksanakan di Gedung Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, Minggu, 30 September 2018.

Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Berkarya Siti Hediati Hariyadi alis Titiek Soeharto mengungkapkan alasan partainya menggelar acara dimaksud. Partai politik (parpol) baru ini berharap masyarakat umum, khususnya kaum muda, tidak melupakan sejarah kelam bangsa.

“Agar kita tidak melupakan tragedi G30S/PKI tahun 1965. Film ini tentang pengkhianatan dan kekejaman yang dilakukan PKI terhadap jenderal-jenderal,” ujar Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Berkarya Siti Hediati Hariyadi, putri kedua Presiden RI Ke-2 Soeharto, di Pusat Perfilman Usmar Ismail, Kuningan, Jakarta, Minggu, 30 September 2018.

Tak tanggung-tanggung, Berkarya memutar film G30S/PKI bersi lengkap yang berdurasi sekitar empat jam. Titiek berharap masyarakat benar-benar memahami apa yang terjadi pada 30 September 1965 melalui versi lengkap.

[Baca juga: Jokowi Tepis Isu Anak PKI Sampai Anak Pengusaha Cina-Singapura]

Ditanya jurnalis mengenai kritik beberapa pihak terhadap isi film PKI tersebut, Titiek menyatakan dirinya tidak mempedulikannya.

“Banyaknya itu berapa banyak, sih? Kan, ada beberapa orang, ya. Kalau mayoritasnya korban. Yang lebih banyak adalah korban PKI, bukannya PKI sendiri. Saya rasa kami jalan terus dengan sejarah yang memang terjadi di negara ini,” papar Titiek.


Gerindra Nobar Masyarakat

Terpisah, Ketua Fraksi Gerindra MPR Fary Djemi Francis mengatakan bangsa Indonesia harus memetik pelajaran dari peristiwa hitam pemberontakan PKI. Salah satu caranya yakni memetik pelajaran melalui film “Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI” karya Arifin C. Noer itu.

[Baca juga: Kritik Jokowi ‘Ngibul’, Luhut Ancam Buka Dosa Amien Rais]

“Kami menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia, mari sama-sama kita menyaksikan film Tragedi PKI untuk memperingati sejarah perjalanan bangsa. Ajak keluarga dan tetangga menonton bersama-sama,” kata Ketua Fraksi Gerindra MPR Fary Djemi Francis, Sabtu (29/9/2018).

Ditambahkan, Partai Gerindra dari struktur pusat hingga desa diperintahkan untuk menggelar acara nonton bareng bersama masyarakat.

Dia berharap semua pihak dapat memetik pelajaran dan mewaspadai gerakan yang ingin mengubah ideologi Pancasila. Indonesia, menurut Fary, patut bersyukur masih bernaung di bawah ideologi Pancasila. Hal ini wajib dipertahankan oleh seluruh elemen bangsa. []RMK/RUT/RE


[Email REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here