KPU Temukan 8 Ribu Lebih Pemilih Ganda di Tangerang Banten

Ilustrasi: Kumpulan e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) (Istimewa/kompas.com)

TANGERANG, PemiluUpdate.com – Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019 masih cacat. Perlu keseriusan dan komitmen pihak terkait membereskannya sebab DPT menentukan kualitas pemilu.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menemukan 8.015 pemilih ganda dalam DPT Pemilu 2019 tiga kabupaten/kota: Kota Tangerang Selatan, Kota Tangerang, dan Kabupaten Tangerang. Masing-masing di Provinsi Banten.

Di Kota Tangerang Selatan ditemukan 1.879 ribu pemilih ganda, Kota Tangerang 2.279, dan Kabupaten Tangerang terdapat 3.957.

Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane menjelaskan kasus pemilih ganda terjadi akibat warga yang tidak mengurus surat pindahnya. Akibatnya terjadi penerbitan surat kependudukan ganda.

“Si A pernah tinggal di Cikokol lalu pada pendataan itu ternyata Si A sudah pindah ke Karawaci. Petugas juga mendata dan di sanalah terjadi pemilihan ganda,” Ketua KPU Kota Tangerang Sanusi Pane memaparkan temuannya kepada pers pada Minggu, 23 September 2018.

[Ikuti Polling: Pilih Jokowi-Ma’ruf atau Prabowo-Sandi pada Pilpres 2019?]

Atas temuan itu, menurut Sanusi, KPU telah berkoordinasi dengan pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Ketiga KPU di Tangerang Raya tersebut telah menetapkan DPT berdasarkan hasil perbaikan. Dalam DPT Pemilu 2019 Kota Tangerang terdapat 1.059.801 pemilih, Kabupaten Tangerang 1.871.167, dan Kota Tangerang Selatan memiliki 839.464 pemilih. []SUA/RE


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here