Pilkada Bandung Aman, Panwaslu: Tak Ada Laporan Sengketa Perselisihan

Ilustrasi pencoblosan Pilkada serentak (Istimewa/asumsi.co)

BANDUNG, PemiluUpdate.com – Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Bandung Farhatun Fauziah mengatakan gelaran Pilkada Serentak 2018, khususnya Pilwalkot Bandung, berjalan lancar dan kondusif.

Menurut Farhatun, hingga hari ini Kamis 28 Juni 2018, pihaknya tak menemukan adanya laporan dari Pasangan Calon (Paslon) Pilwalkot 2018, terkait sengketa perselisihan.

“Kami memang masih terus bersiaga dan berwaspada terkait hal-hal yang bisa terjadi pasca pemilihan ini. Tapi sampai hari ini, kami tidak mendapat laporan apapun terkati hasil ataupun proses pemilihan kemarin,” ujarnya, kutip PRFMnews.com, Kami 28 Juni 2018.

Farhatun mengatakan laporan yang datang ke Panwaslu sebagian besar dari masyarakat terkait hak pilihnya. Ia menyebutkan ada beberapa warga yang tidak terakomodir hak pilihnya karena satu dan lain hal. Seperti tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), dan tidak membawa formulir A5.

Selain itu Farhatun menambahkan, selama masa kampanye hingga masa tenang, para paslon dinilai bisa menjaga diri sehingga tidak terjadi perselisihan pada saat pencoblosan.

“Selama masa kampanye sampai masa tenang, paslon masih berdinamika untuk terus memperjuangkan bagaimana mereka bisa marauk suara. Tapi pada hari pencoblosan, semua paslon menjaga diri sehingga tidak ada pergeseakn apapun pada saat pencoblosan. Mudah-mudahan semua aman dan tidak akan ada permaaahan,” tambah Farhatun.

Secara garis besar, lanjutnya, Pilwalkot Kota Bandung 2018 dinilai sudah cukup kondusif. Perselisihan yang bisa saja terjadi juga dapat diminimalisir.

“Dengan dinamika yang hanya tiga paslon ini dirasa cukup kondusif, dan semuanya menjaga ritme masing-masing karena mereka sudah berkomitamen untuk melaksanakan demokrasi ini dengan benar-benar patuh terhadap hukum,” jelasnya. []BBI/BDG

 

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here