Kotak Kosong Unggul, Pilkada Makassar Berpotensi Diulang pada 2020

Lembaga Survei Celebes Research Center (CRC) melansir pasangan calon Munafri Arifuddin-A Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) memperoleh angka 46,55 persen sedangkan kolom kosong memperoleh 53,45 persen (Istimewa/Antara)

MAKASSAR, PemiluUpdate.com – Kotak kosong unggul atas calon tunggal pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count.

Pilkada tersebut diikuti calon tunggal, yakni pasangan Munafri Arifuddin-Andi Rahmatika Dewi (Appi-Cicu).

Direktur eksekutif Lembaga Survei Celebes Research Center (CRC) Herman Heizer memaparkan hasil penghitungan cepat Pilkada Makassar di hotel Four Poin by Sheraton di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu malam 27 Juni 2018.

CRC melansir pasangan calon Munafri Arifuddin-A Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) memperoleh angka 46,55 persen sedangkan kolom kosong memperoleh 53,45 persen dan partisipasi pemiluh 59 persen.

Dengan keunggulan kotak kosong di Pilkada serentak 2018, maka Makassar kemungkinan  akan menggelar pemilihan wali kota dan wakil wali kota pada pilkada selanjutnya di tahun 2020.

Terkait hal itu, Komisioner KPU Viryan Aziz menjelaskan bahwa jika suara tidak mencapai lebih dari 50 persen, maka pasangan calon tunggal yang kalah oleh kotak kosong boleh mencalonkan lagi dalam pemilihan berikutnya.

“Maksud periode berikutnya bukan lima tahun mendatang, tapi ketika Pilkada serentak terdekat akan digelar,” kata Azis, Rabu 27 Juni 2018.

Dalam Pasal 25 ayat 1 PKPU Nomor 13 Tahun 2018 diatur, apabila perolehan suara pada kolom kosong lebih banyak dari perolehan suara pada kolom foto Pasangan Calon, KPU menetapkan penyelenggaraan Pemilihan kembali pada Pemilihan serentak periode berikutnya.

Sementara di ayat 2 disebutkan “Pemilihan serentak berikutnya sebagaimana dimaksud pada ayat 1 dapat diselenggarakan pada tahun berikutnya atau dilaksanakan sebagaimana jadwal sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.” []MIH/BDG


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here