Polisi Tengarai Rawan Manipulasi Suara di Kawasan Pegunungan Gowa

Ilustrasi: Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) 2018 (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

GOWA, PemiluUpdate.com – Kepolisian mewaspadai tindakan manipulasi hasil pemungutan suara pemilihan gubernur-wakil gubernur (pilgub) di daerah terpencil Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Daerah dimaksud yakni Kecamatan Biringbulu, Bungaya, Tompobulu, dan Bontolempangan yang terletak di kawasan pegunungan.

“Daerah ini kami kategorikan rawan satu karena jarak. Kondisi per TPS (Tempat Pemungutan Suara) berjauhan. Akses medannya sulit dijangkau,” ungkap Kepala SubBagian Bin Ops, Kepolisian Resor Gowa, Ajun Komisaris Polisi Aidil Aqsa di Sungguminasi, Kabupaten Gowa, Senin, 25 Juni 2018.

Menurut Aidil, di kawasan dataran rendah berpotensi kecurangan berupa manipulasi hasil pemungutan suara relatif dapat dicegah. Daerah yang masuk kawasan ini yakni Kecamatan Sombaopu, Bontomarannu, dan Pattallassang.

“Di dataran rendah, jarak antar-TPS tak begitu jauh. Kecurangan bisalah diminimalisasi,” kata Aidil.

Koordinator Divisi Pengawasan dan Sosialisasi Panwaslu Gowa Yusnaeni mengakui potensi kecurangan di dataran tinggi memang sangat besar. Apalagi saat pemutakhiran data pemilih, Panwaslu menemukan banyak warga warga di dataran tinggi kini berada di luar Gowa. Bahkan di luar negeri.

“Rawan karena ditakutkan adanya orang yang memakai data orang lain untuk memilih,” aku Yusnaeni.

Guna mencegahnya, Yusnaeni mengatakan pihaknya sudah mewanti-wanti para pengawasnya agar mewaspadai potensi kecurangan dimaksud. Dia juga mengingatkan bahwa pelaku bakal terjerat hukum pidana jika terdeteksi aparat berwajib.

“Selama dua hari ini tim pengawas yang terdiri atas 1.170 orang sudah kita bekali alat kerja pengawasan. Ada enam indikator di situ agar para pengawas bisa mendeteksi peluang kecurangan terjadi,” tandas Yusnaeni. []ILF/RE


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here