Rizal Ramli dan AHY Capres atau Cawapres Paling Jelas Visi-Misinya

Rizal Ramli dan Agus Harimurti Yudhoyono (Istimewa/Dok. PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Dosen Ilmu Komunikasi Politik, Universitas Paramadina, Hendri Satrio berpendapat ekonom senior Rizal Ramli (RR) dan politikus Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) paling mengemuka sebagai dalam bursa calon presiden (capres)-wakil presiden (cawapres) –selain Joko Widodo dan Prabowo Subianto.

Menurut Hendri, RR dan AHY mengalahkan sosok Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI, dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Padahal kedua tokoh ini cukup intensif bergerilya memasarkan dirinya.

“Dua orang ini sering mengungkapkan berbagai hal yang akan dilakukan nanti jika menjadi RI 1 atau 2. Abraham Samad juga pernah menyampaikan (visi) itu tetapi tidak sesering AHY dan Rizal Ramli. Rizal Ramli bahkan sering menyampaikan visi-misi kebangsaannya saat diundang ke forum-forum internasional,” tutur Hendri, yang juga pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI, di Jakarta, Kamis, 14 Juni 2018.

[Baca juga: Buruh Kasar Cina Serbu Indonesia karena Jokowi Tidak Punya Nyali]

Kekuatan visi menjadi catatan khusus Hendri. Menurutnya, demokrasi akan langgeng jika negara sukses melaksanakan tiga hal: pemerataan ekonomi, hukum tegak, dan kedewasaan dalam berpolitik. Pemerintahan Jokowi tergolong lemah dalam ketiga poin tersebut.

“Ketiga hal ini dalam berbagai survei, termasuk oleh KedaiKOPI, pemerintahan sekarang lemah. Kalau kemudian calon presiden nanti berhasil mengungkapkan visi-misinya untuk ketiga hal tadi saja, saya rasa masyarakat akan memilih calon alternatif ini,” ungkapnya.

[Baca juga: SBY Bantah Keras Paksa Jokowi Pilih AHY sebagai Cawapres]

Khusus Gatot Nurmantyo, menurut Hendri, tidak pas disebut sebagai calon alternatif. Alasannya, Gatot selama ini masih kurang menyampaikan visi-misinya ke publik. []LMC/RE


[Hubungi kami, REDAKSI: redaksi@bening.media & IKLAN: iklan@bening.media]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here