Peringatan untuk Politisi, Jokowi: Jangan Mengembangkan Isu yang Membunuh

Joko Widodo (Istimewa/matanurani.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Presiden Joko Widodo alias Jokowi mengeluhkan banyaknya isu tidak benar yang bermunculan jelang proses pesta demokrasi, baik Pilkada tahun ini, maupun Pilpres tahun depan. Dia mengingatkan para politisi untuk tidak mengembangkan isu yang membunuh karakter.

“Bukan isu-isu yang hanya untuk membunuh karakter seseorang baik di pemilihan bupati, wali kota, gubernur, maupun presiden. Jangan pakai isu ras, agama dan lainnya,” tegas Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan kerja di Kota Bekasi, Kamis 31 Mei 2018.

Jokowi menyayangkan adanya isu tak benar yang menerpa dirinya, seperti isu Presiden Jokowi itu PKI. Isu tersebut tidak hanya muncul jelang Pilpres 2019 mendatang, tuduhan tersebut diakuinya sudah muncul sejak saat Pilpres 2014 lalu.

“Saya dengar di bawah ada seperti itu, dan ada yang masih percaya. Coba, saya itu lahir tahun 1961, PKI dibubarkan tahun 1965. Saya kan masih balita, masa ada PKI balita,” ucapnya.

Logika-logika seperti itu, tegasnya, jangan sampai dikembangkan hanya untuk membunuh karakter seseorang. Menurutnya, kondisi seperti itu merupakan proses demokrasi yang tidak mencerdaskan masyarakat.

“Jangan memakai isu isu yang membunuh karakter, yang saya heran masih ada 1-2 rakyat kita yang percaya. Tapi yang saya lihat sebagian besar memang sudah dewasa dan matang dalam berpolitik,” imbuhnya.

Ia pun berharap masyarakat bisa cerdas memilah informasi yang beredar. Persatuan Indonesia, kata Jokowi, harus tetap diutamakan.

“Silakan pilih pemimpin yang paling baik, setelah itu kembali bersatu. Jangan mau dikompor-kompori,” pungkasnya. []FBY/BDG

 

 

 

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here