KPU Miliki Otoritas Mengatur Syarat Calon Legislator

Ketua KPU Arief Budiman (Istimewa/kpu-tangerang.go.id)

KABUPATEN BOGOR, PemiluUpdate.com – Ketua KPU Arief Budiman menegaskan pihaknya menerapkan klausul baru persyaratan calon anggota DPR, DPD, dan DPRD agar Pileg 2019 menghasilkan pemimpin bangsa terbaik.

Klausul dimaksud yakni kewajiban calon legislator menyampaikan Laporan Harta Kekayaan (LHK) dan pembatasan mantan narapidana korupsi, kejahatan seksual anak, serta bandar narkoba.

“Syarat baru tidak ada di pemilu-pemilu sebelumnya. Ini cara KPU untuk mendapatkan calon-calon pemimpin bangsa yang terbaik,” tandas Ketua KPU Arief saat berbicara pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Pencalonan Anggota DPR, DPD, dan DPRD Pemilu 2019 Gelombang IV di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 26 Mei 2018.

Mengenai penentangan kalangan partai politik (parpol) atas beberapa poin persyaratan, Arief mengatakan KPU memiliki otoritas mengatur syarat pencalonan yang dituangkan dalam Peraturan KPU (PKPU).

Arief lalu menginstruksikan supaya jajaran KPU di semua tingkatan menyampaikan semangat komisi dimaksud. Begitu pula klausul-klausul baru pada Pemilu 2019.


Hubungan KPU dengan Parpol

Pada kesempatan sama, Komisioner KPU RI Hasyim Asy’ari menggarisbawahi hubungan hukum KPU itu dengan parpol yang mengusung calon anggota DPR dan DPRD, bukan dengan masing-masing calon. Dengan demikian jika ada kekurangan dokumen, pengembalian kepada parpol, bukan kepada calon.

“KPU tidak berhubungan dengan calon anggota DPR dan DPRD karena urusan KPU itu hanya dengan parpol. Kecuali calon perseorangan dari DPD,” ungkap Hasyim, yang membidangi Divisi Hukum KPU.

Dia mengingatkan seluruh jajarannya memperhatikan sekiranya ada perubahan kepengurusan parpol, syarat calon berupa ijazah, SKCK, dan putusan pengadilan apabila ada. Apabila ada calon yang ingin mencantumkan nama alias, kata Hasyim, maka harus ada penetapan dari pengadilan. []BPH/RE


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here