Djarot: Semangat Ramadan Harus Warnai Kampanye Pilkada

Calon Gubernur-Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat (kanan) dan Sihar Sitorus (kiri) pada Pilkada Sumatera Utara 2018 mendaftar sebagai kandidat di KPU Sumatera Utara (Istimewa/youtube.com)

MEDAN, PemiluUpdate.com – Semangat Ramadan perlu mewarnai kegiatan Pilkada 2018. Jangan sampai elemen politik dan masyarakat bercerai-berai akibat pelaksanaan tahapan pemilihan kepala daerah, khususnya pada Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara 2018.

Calon Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Djarot Saiful Hidayat mengatakan hal tersebut kepada masyarakat umum dan relawan seluruh kontestan Pilgub Sumut, khususnya buat Relawan Djarot-Sihar Masyarakat Tanpa Pamrih (Jas Matahari).

“Ingat, sekarang bulan suci Ramadan. Kami mengetuk hati semua relawan, teman-teman di lapangan, untuk betul-betul kampanye yang santun, sejuk, yang tidak menjelek-jelekkan, dan tidak menyebarkan berita hoax,” kata Djarot saat deklarasi Relawan Jas Matahari di Jalan Kertas, Medan, Sabtu, 19 Mei 2018.

Menurut Djarot, pilkada bukan tujuan akhir. Pilkada hanyalah merupakan sarana menyukseskan program menuju kesejahteraan masyarakat.

“Sarana inilah nantinya dipakai untuk mewujudkan tujuan. Tujuannya kita semua ingin membangun masyarakat Sumut yang toleran, rukun, damai. Masyarakat yang betul-betul bisa bergotong-royong untuk membangun,” kata Djarot, politikus PDIP yang juga mantan Gubernur DKI Jakarta.

Karena pilkada bukan tujuan akhir, lanjutnya, tim pemenangan dan relawan diingatkan untuk tidak menghalalkan segala cara guna memenangi kontestasi pemilu.

[Baca juga: Dahsyatnya Dampak Fitnah]

Cagub Djarot juga mengingatkan pendukung dan relawannya untuk menggunakan cara persuasif dan dialogis dalam menyampaikan visi dan misi pasangan cagub-cawagub yang disingkat “Djoss” tersebut.

Walaupun menggarisbawahi soal kesantunan, Djarot menginstruksikan kepada segenap relawannya agar tidak takut menghadapi kemungkinan intimidasi tim kompetitornya.

[Baca juga: JK Sebut Pemilu 2019 Paling Rumit Sedunia]

Pilgub Sumut 2018 diikuti dua pasangan calon (paslon): Letnan Jenderal (Purn.) TNI Edy Rahmayadi-Musa Rajeckshah (Ijeck, nomor pilih 1) dan Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss, nomor pilih 2).

Ijeck diusung enam parpol yakni PKS, Hanura, Golkar, PAN, Gerindra, NasDem, dan Demokrat dengan kekuatan 60 kursi DPRD Sumut. Sedangkan di belakang Djoss terdapat dua parpol yakni PDIP dan PPP dengan kekuatan 20 kursi. []MSM/RE


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here