Ridwan Kamil Sindir Tajam Deddy Mizwar Soal Penanganan Citarum

Para calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat sebelum mengikuti debat kandidat di kampus Universitas Indonesia di Depok pada Senin malam, 14 Mei 2018. (Istimewa/viva.co.id)

DEPOK, PemiluUpdate.com – Calon Gubernur Jawa Barat (Jabar) nomor urut satu Ridwan Kamil menyindir Deddy Mizwar soal pembenahan Sungai Citarum di debat Pilgub Jawa Barat putaran kedua di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Senin malam, 14 Mei 2018.

Ridwan Kamil menilai selama lima tahun menjabat sebagai wakil gubernur, Deddy Mizwar tidak melakukan perubahan yang signifikan terhadap penanganan sampah di Sungai Citarum. Padahal, kata dia, setiap tahun dianggarkan tak kurang dari Rp120 miliar untuk penanganan sungai ini.

“Selama 5 tahun, tidak ada progres soal Citarum, sampai presiden harus turun tangan,” kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, Senin 14 Mei 2018.

“Anggaran Rp120 miliar untuk Citarum Bestari (bagaimana?),” tanya Emil.

Emil juga meminta pertanggungjawaban Deddy Mizwar soal janji yang pernah ia lontarkan bahwa air Sungai Citarum bisa diminum oleh warga.

“Bahkan ada janji-janji bila 2018 air Citarum bisa diminum,” kata Emil.

Menanggapi pernyataan itu, cagub Jabar Deddy Mizwar menilai Ridwan Kamil kurang paham dengan permasalahan yang ada. “(Pertanyaan) Ini karena pengetahuan anda yang kurang,” kata Deddy Mizwar.

Deddy mengatakan persoalan Citarum bukanlah urusan provinsi dan juga urusan kabupaten, “Tapi urusan pusat,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Deddy Mizwar bahkan menawarkan Ridwan Kamil posisi sebagai konsultan jika dirinya berhasil terpilih sebagai Gubernur Jabar.

“Kalau saya jadi gubernur, ini (Ridwan Kamil) jadi konsultan,” tuturnya. []RMK/BDG


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here