Puncaki Elektabilitas, Deddy Mizwar Akui Kampanye Murah itu Efektif

Deddy Mizwar saat berkampanye di pasar (Istimewa/PemiluUpdate.com)

BOGOR, PemiluUpdate.com – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi puncaki elektabilitas survei Indonesia Strategic institute (Instrat). Paslon nomor urut 4 itu berhasil meraih sebanyak 40,5 persen, unggul dari lawan beratnya Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum yang hanya mencapai 29 persen.

Terkait pencapaian itu, Deddy mengatakan strategi kampanyenya sejauh ini terbukti berhasil. Peningkatan persentase tersebut, kata dia, dikarenakan intensitas kampanye rutin dilakukan di pasar ketimbang membuat kegiatan-kegiatan.

“Salah satunya itu, kan bertemu dengan sebanyak-banyaknya orang. Orang paling banyak di mana? Ya di pasar,” ujar Deddy di sela kampanye di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat 11 Mei 2018.

Deddy menjelaskan modal sosial keartisan yang dijalani bertahun-tahun dan pengalaman wakil gubernur Jawa Barat mendampingi Ahmad Heryawan, menjadi sebab meningkatnya elektabilitas. Hal itu diakui menjadi modal baginya dalam memaksimalkan kampanye murah.

“Mudah-mudahan ini bisa kami tingkatkan dan pertahankan. Saya punya modal sosial ini, ongkos politik jadi murah, ingin berdialog dengan kami dan ini membuat lebih akrab, tidak ada jarak,” ujarnya.

Deddy juga menegaskan pihaknya memiliki target raihan suara di Pilgub Jabar 2018 mencapai 54 persen dengan menjaga pola komunikasi dengan masyarakat di daerah-daerah.

“Seperti prediksi semula, di akhir itu bisa sampai 51 sampai 54 persen. Upaya kami bertemu langsung, bersilaturahim ternyata efektif. Sebanyak-banyaknya kami silaturahim ke segala daerah,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya, paslon Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi puncaki survei instrat, baik segi elektabilitas maupun popularitas.

[Baca juga: Survei Instrat: Deddy-Dedi Kini Duduk di Puncak Elektabilitas dan Popularitas]

Untuk elektabilitas, Deddy-Dedi menempati 40,5 persen disusul Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 29 persen, kemudian Sudrajat-Ahmad Syaikhu 7,7 persen dan pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan 4,7 persen.

Sementara dari sisi popularitas, Cagub Deddy Mizwar masih unggul dengan 90,1 persen, disusul Ridwan Kamil 80,7 persen, kemudian ada Cawagub Dedi Mulyadi 69,1 persen, dan Uu Rhuzanul Ulum 40,7 persen, Ahmad Syaikhu 36 persen, Anton Charliyan 34,9 persen, TB Hasanudin 34,3 persen, dan Sudrajat 31,3 persen. []BPH/BDG


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here