TPA Ciledug Darurat Polusi, TB Hasanuddin Siap Realisasikan TPA Regional

Calon Gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018 TB Hasanuddin (kanan) saat meninjau langsung TPA Ciledug, Kab Cirebon, Senin, 7 Mei 2018 (Istimewa/PemiluUpdate.com)

CIREBON, PemiluUpdate.com – Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin (Kang Hasan) menyatakan sudah saatnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Ciledug, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat (Jabar), memiliki lahan baru.

Kang Hasan menilai TPA Cilidug sudah darurat polusi dan tumpukan sampah yang seakan tak pernah berkurang itu menimbulkan ketidaknyamanan bagi lingkungan sekitar. Terlebih lagi lokasinya dekat dengan fasikutas publik, seperti jalan raya dan pemukiman warga. Alhasil, polusi yang dihasilkan dari TPA itu menimbulkan bau tidak sedap, bahkan Sungai Cisanggarung pun tercemar.

“Ini terlalu dekat dengan jalan umum, paling tidak empat kilometer dari jalan umum. Ini harus kita siapkan TPA yang baru,” ungkap Hasan saat berbincang dengan aktivis peduli lingkungan di daerah tersebut, Senin (7/5/2018).

Keadaan tersebut, tegas Hasan, tidak boleh dibiarkan terus berlanjut. Karena itulah pihaknya akan segera mendorong Pemerintah Provinsi Jabar agar merealisasikan pembangunan TPA Regional Cimajayukuning yang sudah lama di gagas.

“Informasi valid yang saya dapatkan sudah ada nota kesepahaman antara Pemerintah Kabupaten Cirebon dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, terkait TPA regional. Bahkan sudah ada perdanya. Tapi hingga saat ini belum juga terwujud,” tegas dia.

Lebih lanjut Hasan menegaskan kesiapannya untuk merealisasikan hal tersebut, bila terpilih menjadi Gubernur Jawa Barat lima tahun ke depan.

“Kalau dibiarkan seperti ini, yang rugi adalah masyarakat, kalau memang tidak ada tindak lanjut, saya yang akan merealisasikan TPA regional itu,” tegas dia.

[Baca juga: Ketua DPC PDIP Bima Dicopot Gegara Bentak Polisi saat Ditilang]

Untuk menyelesaikan sampah yang ada di Jawa Barat, lanjutnya, pihaknya pun akan menggulirkan Program Turkamling (Infrastuktur, Keamanan, dan Lingkungan). Salah satunya dengan melakukan pengelolaan sampah secara terpadu, baik limbah industri maupun sampah rumah tangga.

Bersama pasangannya Anton Charliyan (Anton), Hasan pun akan melakukan pembinaan kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan, serta bagaiamana mengelola sampah dengan baik, agar tidak mencemari lingkungan.

“Masalah lingkungan itu satu hal yang vital, menyangkut keberlangsung hidup masyarakat, apalagi daerah perbatasan seperti Ciledug, ibaratnya, perbatasan sebagai etalase suatu daerah,” pungkasnya. []SSH/BDG


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here