Fotografi Miniatur, Cara Milenial Sosialisasikan Pilkada Serentak 2018

Miniature Photography bertemakan pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 karya Irnie Wanda. (istimewa/PemiluUpdate.com)

KOTA SUKABUMI, PemiluUpdate.com – Berbagai cara dilakukan generasi milenial untuk mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2018. Salah satunya melalui seni miniature photography (fotografi miniatur), berupa boneka berukuran mini yang di konsep sedemikian rupa dengan pengambilan sudut pemotretan yang artistik sehingga memunculkan kesan nyata.

Seperti fotografi miniatur karya Irnie Wanda dengan konsep suasana pemungutan suara yang dibuat untuk mensosialiasikan dan mengajak masyarakat agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) menggunakan hak pilihnya di Pilkada Kota Sukabumi 2018.

Karya guru seni SMPN 2 Kota Sukabumi tersebut merupakan pesanan Desk Pilkada Pemerintah Kota Sukabumi yang akan digunakan sebagai ajang sosiliasi melalui berbagai media sosial.

“Saya bikin ini buat Desk Pilkada untuk jadi icon sosialisasi. Ada dua pesenannya, 1 suasana pemungutan suara, sedangkan satu lagi yang kampanye belum sempet dibikin. Kalau figurnya sudah ada,” tandas Irnie kepada PemiluUpdate.com, Selasa, 24 April 2018.

Awal dirinya diminta Desk Pilkada untuk membuat miniatur fotografi, jelas Irnie saat dalam suatu momen bawa koleksi mini figur dan foto-foto di Taman Balai Kota Sukabumi. Pada saat yang bersamaan, secara tidak sengaja Asisten Daerah 1 Andri Setiawan dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan Punjul Saepul Hayat melihat, hingga akhirnya tertarik dan minta dibuatkan dengan temanya pilkada.

“Ya, saya bikin karena yang begini unik. Orang lihat pada bilang lucu. Apalagi saya sering upload di media sosial khususnya facebook dan instagram, banyak yang apresiasi lewat jempolnya,” katanya

Pemilik akun instagram @irnie_irdut ini mengaku baru dua kali terima pesanan miniatur fotografi, yakni dari Politeknik Sukabumi dan Desk Pilkada Pemkot Sukabumi.

Soal harga, lanjut Irnie, tergantung konsep dan lumayan kalau ada yang sampai endorse. Lama pembuatannya ada yang lima menit langsung jadi, bahkan kadang-kadang satu hari saja habis untuk mikirin konsepnya.

“Saya pakai media pembanding untuk pemotretannya, biar orang yang liat tahu kalau itu ukurannya kecil banget. Apalagi ukuran figurnya cuma dua sentimeter,” katanya.

Irnie sendiri baru menggeluti dunia miniature photography sejak Oktober 2017 lalu. Karena di Sukabumi belum ada komunitasnya, dirinya bergabung dengan di Regional Bandung dan nasional.

“Tanggal 31 Maret kemarin baru ikut pameran foto miniatur. Sukabumi kebetulan belum terbentuk komunitasnya, cuma ada anggota yang nasional juga dari Sukabumi tiga orang,” katanya.

Pameran miniatur fotografi yang di Braga City Square Bandung dibuat sama komunitas miniatur Bandung namanya Bandung Figur Leutik (Bdgfigleu). Rencananya 29 April 2018, Irnie akan memamerkan karyanya di Taman Pemandian Air Panas Cikundul Kota Sukabumi. ()Herry Febrianto


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

  1. Benar-benar sosialisasi yang milenial,sangat mewakili zaman now. Fotografi Miniatur ini konsepnya sederhana,hasilnya rruar biasa. Keren pisan ibu Irnie, dari hobi jadi hoki. Salut juga untuk bapak Asda 1 dan Bapa Tapem Pemkot Sukabumi yang jeli melihat hal yang unik untuk jadi daya tarik,khususnya untuk Pilkada dan semoga untuk event yang lainnya. Jadi untuk ibu Irnie karena fotografi Figur leutik ini belum ada komunitasnya,sepertinya bakal kebanjiran order,jangan lupa traktirannya ya hehehe….Mudah-mudahan nanti ada komunitasnya supaya kota Sukabumi kteatif dan atraktuf. Sukses ceu Irnie.

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here