Pelaksana Tugas Gubernur Papua Diperintahkan Jaga Stabilitas Keamanan

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo (ke-2 kanan) (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memberi perhatian khusus kepada Pilkada Papua 2018. Ia mewanti-wanti agar stabilitas keamanan dan politik di provinsi ini benar-benar terjaga.

Tjahjo menegaskan hal tersebut di acara pelantikan Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum, Kementerian Dalam Negeri, Soedarmo sebagai Pelaksana Tugas (Plt.) Gubernur Papua. Kemendagri mengangkat Plt. Gubernur karena Lukas Enembe selaku kepala daerah di provinsi besar tersebut ikut kontestasi Pilkada 2018.

“Tugas Plt tidak hanya mengamankan pilkada tetapi juga menjaga stabilitas,” kata, Tjahjo di Kantor Kemendagri, Jakarta, Senin, 26 Februari 2018.

Mantan Sekretaris Jenderal PDIP ini menegaskan beberapa kali bahwa tugas Sudarmo sebagai Plt. Gubernur Papua juga menjamin stabilitas dan berjalan pemerintah daerah. Pelayanan seluruh unsur pemerintah kepada masyarakat selama pilkada harus tetap berjalan baik.

Menjaga stabilitas, kata Tjahjo lagi, menjadi penting sebab Pilkada Papua 2018 dan daerah lainnya merupakan proses untuk memilih pemimpin masa depan bagi masyarakat Papua. “Harus melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam upaya menjaga stabilitas daerah,” Mendagri menambahkan.

Pada kesempatan yang sama, Tjahjo berpesan kepada Sudarmo agar membangun dan menjaga komunikasi dengan tokoh agama, adat, dan pemangku masyarakat lainnya di semua tingkatan. Pelaksana Tugas Gubernur harus mengantisipasi semua upaya yang dapat mengganggu stabilitas Papua.

“Sekecil apapun gelagat yang ingin merusak kebhinekaan, ingin mengganti Pancasila, itu bukan urusan TNI dan kepolisian saja tetapi seluruh elemen masyarakat,” tegasnya.

Setelah dilantik hari ini, Sudarmo akan menjabat sebagai Plt Gubernur Papua hingga 9 April 2018 mendatang.

Pada hari yang sama, Mendagri selain melantik Soedarmo juga Hadi Prabowo sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri. ()Madi Cakra


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Thanks for sharing

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here