PDIP Prihatin atas Konflik Internal Partai Hanura

Ilustrasi: Pelantikan pengurus baru DPD Partai Hanura Jawa Barat di Tegalega, Kota Bandung, Sabtu, 7 Oktober 2017 (Herry Febrianto/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengomentari ketidakhadiran sejawatnya di Partai Hanura pada perteman koalisi pendukung pemerintah Joko Widodo-Juduf Kalla dengan petinggi Partai Demokrasi Liberal Jepang, yang di inisiasi PDIP.

Hasto menyebutkan ketidakhadiran Sekjen DPP Partai Hanura terkendala oleh konflik internal yang sedang memanas. Dia lalu menyebutkan PDIP prihatin atas persoalan yang meruncing di internal Hanura.

“Kami prihatin terhadap persoalan yang terjadi di Hanura,” kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

Hasto berharap konflik tersebut segera usai. Konflik ini muncul di tengah tahun politik, sehingga sangat merugikan. Konflik tentu berpengaruh terhadap hasil pada Pilkada 2018 dan Pemilu 2019.

“Kami hanya bisa menyampaikan harapan bahwa kita berpolitik dengan Pancasila. Ini sudah masuk tahapan pemilu, sehingga kami berharap semua persoalan bisa diselesaikan melalui musyawarah mufakat,” harapnya.

Mengenai kedekatan PDIP selama ini dengan kubu tertentu di Hanura, Hasto enggan berkomentar. Menurutnya, hal itu masalah internal dan hanya bisa diselesaikan oleh Hanura sendiri.

“Posisi politik PDIP, kami tidak akan intervensi atau mencampuri persoalan partai lain. Kami menghormati rumah tangga setiap partai politik,” ujarnya.

Selain itu, Hasto percaya Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi tidak ikut campur dengan urusan internal Hanura. “Presiden tidak akan campur tangan. Partai punya aturan rumah tangga, punya AD/ART sendiri,” tegasnya.

Hasto berharap pimpinan Hanura dan kader dapat menyelesaikan konflik internal dengan baik. “Kami hanya berharap seluruh persoalan bisa diselesaikan dengan cara musyawarah. Itulah keutamaan di dalam demokrasi kita,” kata Hasto. ()Madi Cakra


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here