Mendagri Jamin Pemerintah Tidak Banyak Campur Tangan Pilkada

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang politikus PDIP (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menjamin pemerintah akan akan mencampuri banyak penyelenggara Pilkada 2018.

Tjahjo menegaskan jaminannya tersebut saat mendatangi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jakarta, Selasa, 9 Januari 2018. Kegiatannya ini dilakukan pada hari kedua waktu pendaftaran kandidat di 171 daerah penyelenggara pilkada.

“Kedatangan kami untuk silaturahim saat sudah mamasuki tahapan pendaftaran. Bawaslu juga, kan, sudah mulai sidang-sidang. Kami ingin sedikit informasi. Kami terus meng-update. Pemerintah tidak banyak ikut campur,” tandas Tjahjo di Jakarta, Selasa, 9 Januari 2018.

Tjahjo menambahkan pemerintah berharap Pilkada 2018 berjalan secara baik. Pemerintah berharap tidak terjadi kecurangan apapun. Pesta demokrasi juga diharap tidak memicu konflik di tengah masyarakat.

[Baca juga: Nasdem Terjunkan Taruna ABN, Sebar Virus Anti Politik Uang]

“Kami ingin tingkat partisipasi masyarakat meningkat, tidak ada politik uang. Hampir sama dengan Bawaslu soal indeks kerawanannnya, berkaitan dengan calon tunggal agar tidak ada,” tutur Mendagri asal PDIP itu.


Pencairan Dana Bawaslu

Sementara itu, Ketua Bawaslu Abhan memastikan lembaganya siap melakukan pengawasan Pilkada 2018 dan Pemilu 2019 mendatang. Ia mengungkapkan segala langkah sudah disiapkan mulai tingkat pusat hingga level kecamatan.

“Pengawas sudah terlatih. Kami sudah lakukan pelatihan pembimbingan teknik (bimtek),” ujarnya.

Terkait dana hibah pelaksanaan untuk pelaksanaan pilkada di 171 daerah, kata Abhan, secara administrasi dinyatakan selesai. “NPHD, saya kira sudah selesai semua. Tinggal pencairan. Semua relatif lancar,” paparnya. ()Madi Cakra


[E-mail REDAKSI, IKLAN, & KERJA SAMA: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here