Tiga Pilkada di Banten Berpotensi Calon Tunggal Kontestan Petahana

Kegiatan rapat pimpinan di KPU Banten (Istimewa/bantennews.co.id)

KOTA TANGERANG, PemiluUpdate.com – Pasangan kontestan petahana di tanah Banten berjaya. Pilkada serentak 2018 di tiga kabupaten/kota berpotensi hanya diikuti satu pasangan alias calon tunggal.

Komisioner KPU Banten Saeful Bahri mengungkapkan daerah dimaksud Kota Tangerang, Kabupaten Tangerang, dan Kabupaten Lebak. Nyaris seluruh parpol di kabupaten/kota ini telah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan petahana.

“Semua pimpinan parpol di Kota Tangerang mendukung calon incumbent (Arief-Sachrudin). Juga di Kabupaten Tangerang kepada Bupati Zaki dan calon wakilnya Romli sudah didukung semua parpol,” kata Saeful.

Khusus Pilkada Lebak, KPU sedang menunggu putusan Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) terkait gugatan dari pasangan bakal calon independen. Jika gugatan tidak diterima, maka pilkada di Lebak terancam hanya pasangan Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi.

[Baca juga: Gerindra Banten Perjuangkan Kader Internal jadi Kandidat Pilkada 2018]

Menghadapi kondisi itu, KPU setempat bersiap untuk memperpanjang masa pendaftatan selama tiga hari. Komisi pun menggiatkan sosialisasi untuk menghindari calon tunggal kontestan. Pendaftaran resmi calon kepala daerah digelar 8-10 Januari 2018.

“Jika sudah dilakukan perpanjangan tidak ada calon lain yang mendaftar, maka Peraturan KPU (PKPU) yang mengatur calon tunggal berlaku,” ujarnya.

Pada Pilkada Kota Tangerang, duet Arief R. Wismansyah dan Sachrudin sudah memenuhi syarat kursi dukungan jalur parpol. Sedangkan di Kabupaten Tangerang, pasangan Ahmed Zaki Iskandar-Mad Romli juga dipastikan maju.

Sementara di Kabupaten Lebak, calon petahana Iti Octavia Jayabaya-Ade Sumardi telah mengantongi dukungan hampir semua partai yakni Golkar, Demokrat, PAN, PKS, PPP, Hanura, PKB, Gerindra, dan PDIP. ()SUA


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here