Koalisi Reuni Belum Putuskan Cagub-Cawagub Jabar

Presiden PKS Sohibul Iman (kiri), Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto (tengah), dan Sekretaris Jenderal DPP PAN Eddy Soeparno (kanan) (Istimewa/liputan6.com)

KOTA BANDUNG, PemiluUpdate.com – Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi menegaskan peluang terbentuknya koalisi reuni antara partainya dengan PKS dan PAN sangat besar di Pilgub Jawa Barat (Jabar) 2018.

Hal tersebut ditandai pertemuan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden PKS Sohibul Iman serta Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan, awal pekan ini. Pada pertemuan di kantor DPP PKS ini, ketiga parpol sepakat berkoalisi di Pilgub Jabar dan Pilkada 2018 secara umum.

Menurut Mulyadi, ketiga parpol tentu hendak mengulang kesuksesan mereka ketika memenangkan Anies Baswedan-Sandiaga Uno menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

“Sudah lama terbangun, koalisi ini sudah terbukti berhasil di DKI Jakarta. Sisi lain, ada harapan masyarakat supaya kami tetap bersama,” tegas Mulyadi kepada PemiluUpdate.com, Selasa, 26 Desember 2017.

Namun, pasca pertemuan pimpinan tertinggi parpol tersebut, Mulyadi mengaku belum menggelar pertemuan kembali dengan petinggi PAN dan PKS di Jawa Barat. “Belum, kalau prapertemuan sudah. Pasti kami akan bertemu. Kan, harus bahas tim dan program,” tandasnya.


Cagub-Cawagub Belum

Sebelumnya, Ketua DPW PAN Jawa Barat Ahmad Najib Qodratullah ditanya soal kemungkinan koalisi PAN di Pilgub Jabar seperti di DKI Jakarta pada Pilkada 2017 menyatakan bisa saja terjadi. Namun yang dibicarakan pada pertemuan pucuk pimpinan PAN, Gerindra, dan PKS bukan hanya soal koalisi di Jabar, tetapi juga di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta provinsi di luar Jawa.

[Baca juga: SURVEI: Calon gubernur Jawa Barat pada Pilkada 2018]

Sejauh ini, kata Najib, koalisi Gerindra, PKS, dan PAN belum memutuskan siapa yang nantinya diusung sebagai calon gubernur (cagub) dan wakil gubernur (cawagub) Jabar.

“Saya belum dapat informasi lengkap. Sebagai kader tentunya harus fatsun, walaupun nanti terjadi seperti di DKI Jakarta,” kata Najib kepada PemiluUpdate.com di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. ()Herry Febrianto


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here