Berharap Kursi Cawagub Jabar, PPP Bertahan Dukung Emil

Ketua Umum DPP PPP M. Romahurmuziy PPP (Istimewa/metrotvnews.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – ‎Partai Persatuan Pembangunan (PPP) masih memelihara harapan kepada Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) selaku calon gubernur Jawa Barat (Jabar).

Parpol ini menginginkan Emil memilih Bupati Tasikmalaya Uu Ruzhanul Ulum sebagai calon wakil gubernur (cawagub) pada Pilkada 2018. Sementara Emil kini masih terdesak sebab belum memiliki cukup perahu untuk terjun di arena Pilkada 2018.

Ketua Umum DPP PPP M. Romahurmuziy menyatakan harapan tersebut. Karenanya, PPP belum berencana meninggalkan arsitek itu, seperti halnya Partai Golkar yang mencabut dukungan.

“‎Sampai sekarang itu bukan opsi Partai Persatuan Pembangunan. Hasil komunikasi kami sampai kemarin masih berada di posisi mendukung),” ujar Romahurmuziy di Kantor DPP PPP, Jakarta, Selasa, 26 Desember 2017.

Nakhoda PPP yang kerap disapa Romy itu menegaskan pihaknya yakin Emil menggandeng Uu pada Pilgub Jabar 2018 sebab sejauh ini PPP konsisten mendukung. Partai kabah juga bertahan di belakang Emil dengan alasan wali kota yang tenar di media sosial dimaksud masih leading tingkat elektabilitasnya ketimbang kompetitornya.

“Kalau melihat hasil survei yang paling mutakhir, tingkat elektabilitas Emil bersama dengan UU tertinggi,” aku Romy.

[Baca juga: Dukung Jokowi di Pilpres 2019, PPP Isyaratkan Duet Nasionalis-Religius]

Meski demikian, Ketua Umum DPP PPP juga mengakui ada persoalan komunikasi antara jajarannya dengan sang kandidat gubernur. Namun, katanya, masalah ini dapat diselesaikan dengan mengupayakan komunikasi yang lebih intensif.

Kursi calon wakil pendamping Emil kini diperebutkan antara PPP dan PKB. PKB juga mengajukan syarat agar kadernya dipilih jika Emil hendak didukung.

Emil kali pertama didukung Partai Nasdem, pemilik lima kursi di DPRD Jabar. Bila PPP dan PKB bertahan, maka koalisi ketiga parpol ini memiliki 21 kursi. Jumlah ini cukup untuk mengusung pasangan calon gubernur-wakil gubernur Jabar.

Selain PPP dan PKB, politisi Partai Golkar Daniel Muttaqien juga memburu kursi pendamping Emil, walaupun partai secara resmi telah mencabut dukungan. Anggota DPR RI ini “memanfaatkan” kelompok tokoh agama tertentu guna mendesak Emil. ()ALY


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here