Perombakan Kabinet karena Pilkada, Akibat Kasus Tertentu Belum Diungkap

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang politikus PDIP (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengonfirmasi kepastian perombakan (reshuffle) kabinet memasuki tahun politik –Pilkada 2018 dan Pemilu 2019. Namun, ia menegaskan bahwa pergantian menteri dimaksud sebagai hal wajar, bukan sebab sesuatu yang luar biasa.

“Kalau ada menteri mencalonkan, seperti Ibu Khofifah (Indar Parawansa), sudah yakin maju pilgub pasti diganti,” kata Tjahjo di Sekolah Staf dan Komando (Sesko) TNI di Bandung, Senin, 13 November 2017.

Mengenai siapa yang akan menggantikan Khofifah sebagai Menteri Sosial, Tjahjo tidak menjawab. “Soal pengganti siapa? Itu hak presiden,” katanya.

Politikus PDIP ini menyebutkan reshuffle akan berlangsung pada awal 2018. Hal ini mengacu jadwal penetapan calon kepala daerah peserta Pilkada serentak 2018 yang telah ditetapkan oleh KPU.

Thahjo tak mengungkapkan apakah ada pergantian menteri selain karena yang bersangkutan mengikuti pilkada. Misalnya, karena kinerja si menteri dinilai sangat buruk atau sebab kasus tertentu yang tidak dapat ditolerir.


Wakil Khofifah

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan mengatakan partainya memutuskan mengusung Khofifah Indar Parawansa pada Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2018. PAN bergabung dengan, antara lain, Gerindra dan PKS dalam mengusung Khofifah.

[Baca juga: Parpol Pengusung Khofifah Cukup, Segera Menghadap Presiden Jokowi]

“Jawa Timur saya sudah ketemu Mbak Khofifah. Kami ada tiga partai, Gerindra, PKS, PAN,” kata Zulkifli di Gedung DPR, Jakarta, Senin, 13 November 2017.

Soal pendamping Khofifah, lanjut Zulkifli, perlu dibicarakan dengan parpol pengusung lainnya. Ia enggan menyebut nama pendamping Khofifah sebelum diputuskan resmi oleh koalisi.

Zulkifli menambahkan terdapat dua pilihan guna mendapatkan wakil Khofifah. Pertama, koalisi parpol pendukung kemungkinan akan mencoba memunculkan kader baru. Kedua, menawarkan perwakilan dari tiga partai ini kepada Khofifah. ()Madi Cakra


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here