Sahabat Khofifah Sosialisasikan ‘Fardu Ain’ Menangkan Menteri Sosial

Dewan Penasihat Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) K.H. Asep Saifuddin Chalim (Istimewa/mau-mbi-ausby.sch.ic)

SURABAYA, PemiluUpdate.com – Jaringan relawan calon gubernur (cagub) Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mulai menggalang jaringan relawan. Langkah ini menunjukkan proses Menteri Sosial ini terjun ke arena Pilgub Jawa Timur (Jatim) 2018 semakin pasti.

Kali perdana, “Sahabat Khofifah untuk Jawa Yimur” dideklarasikan di Pondok Pesantren (Ponpes) Amanatul Ummah, Surabaya, Minggu, 12 November 2017.

Juru bicara Tim 9 KH Asep Saifuddin Chalim menjelaskan deklarasi relawan di pondok pesantrennya itu sebagai langkah awal koordinasi untuk memenangkan Khofifah pada Pilkada 2018.

“Tim relawan pendukung Khofifah memiliki dua tugas utama yakni menyosialisasikan bahwa fardu ain (wajib secara person) memenangkan Ibu Khofifah,” Asep menjelaskan.

Tugas kedua, menurutnya, menegaskan bahwa Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur netral pada pesta demokrasi lima tahunan. “Sosialisasikan itu. Marilah kita berkompetisi pilkada dengan berorientasi karakter dan kemampuan calon pemimpin,” urai Asep.

[Baca juga: Parpol Pengusung Khofifah Cukup, Segera Menghadap Presiden Jokowi]

Ditambahkan, jaringan Sahabat Khofifah sudah merambah Surabaya, Lamongan, Bojonegoro, dan beberapa kabupaten/kota lain se-Jawa Timur. Simpul jaringan pemenangan Ketua Umum PP Muslimat tersebut dimulai dari 20 orang perwakilan masing-masing daerah yang dikumpulkan di Ponpes Amanatul Ummah.

Walaupun digelar di ponpesnya, Asep mengaku tidak terlibat langsung dengan Sahabat Khofifah. “Saya sama sekali tidak ikut serta. Saya cuma siap dimintai tolong untuk menyediakan tempat dan menyediakan konsumsi ala kadarnya. Itu saja,” tuturnya.

Pada deklarasi perdana, cagub Khofifah tidak dihadirkan. Asep menyatakan sang calon belum diundang karena dikhawatirkan memicu ketersinggungan pengurus parpol-parpol pengusung. Namun, pada deklarasi Sahabat Khofifah berikutnya diupayakan kehadiran cagub dimaksud. ()SJT


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here