Sarimuda-Rozak Lawan Tangguh Duet Petahana Pilwalkot Palembang

Calon wali kota Palembang Sarimuda Sarnubi bersama wakilnya, Abdul Rozak (Istimewa/sarimuda.id)

PALEMBANG, PemiluUpdate.com – Duet calon wali kota Palembang Sarimuda Sarnubi bersama wakilnya, Abdul Rozak, didudukkan sebagai lawan tangguh bagi paket petahana (incumbent) Harnojoyo-Fitrianti Agustinda, pada Pilkada Palembang 2018.

Survei IT-Research and Politic Consultant (iPOL) Indonesia pada 15-22 Oktober 2017 menyimpukan hal tersebut. Survei melibatkan 600 responden, menggunakan metode multistage random sampling.

CEO dan Direktur iPOL Indonesia Petrus Hariyanto menyatakan Harnojoyo-Fitrianti bakal menghadapi perlawanan sengit pasangan Sarimuda-Rozak. Kandidat Pilwalkot Palembang 2018 yakni Mularis Djahri, Akbar Alfaro, dan Yudha Mahyudin dikalkulasi belum memiliki massa pendukung yang signifikan.

“Popularitas Harnojoyo mencapai 93,02% dan elektabilitas berada di angka 25,02%. Fakta ini cukup rasional dan wajar karena sebagai petahana. Sementara popularitas Sarimuda mencapai 86,96%, untuk tingkat keterpilihan atau elektabilitas di kisaran angka 21,11%,” ungkap Petrus di Palembang, Kamis, 2 November 2017.

Sebagai petahana, jelas Petrus, Harnojoyo harus mewaspadai angka elektabilitasnya. Jika terjadi head to head dan hanya kedua kandidat tersebut yang mendapat rekomendasi parpol, maka penantang berpotensi mengungguli petahana.

[Baca juga: PDIP Pilih Putri Gubernur Sumsel sebagai Calon Wali Kota Palembang?]

Ditambahkan, kandidat petahana juga perlu mewaspadai angka ketersukaan pemilih. Sarimuda dalam soal ini mencapai 63%, sedangkan Harnojoyo 57%.

Kecenderungan kontestasi hingga akhir Oktober 2017 lalu, lanjut Petrus, pergerakan sosialisasi yang dilakukan para calon sama sekali belum masif. Hal ini dimaklumi karena pengusungan resmi belum diperolehnya.

Riset iPOL berbasis media monitoring dan teknologi politik yang dikembangkan khusus. Sistem ini menangkap tren pergerakan aspek kontestasi para kandidat melalui pemberitaan media online (daring), koran, lalulintas isu, influencer, hingga media sosial se-Palembang secara realtime.

CEO dan Direktur iPOL Indonesia Petrus Hariyanto berjanji akan menyampaikan data dan fakta secara detil dan transparan. ()OPJ


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here