DPP Demokrat Utus Pakde Karwo Komunikasi Intens dengan Khofifah

Gubernur Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) yang juga menjabat ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur (Istimewa/primaradio.co.id)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Partai Demokrat terus mematangkan penggodokan Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa sebagai calon gubernur Jawa Timur (Jatim). Namun parpol yang dinakhodai Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini belum memutuskan calon gubernur dan wakil gubernur yang resmi diusung atau didukungnya di Jawa Timur.

“Sampai hari ini masih proses. Nama Khofifah kami diskusikan di dalam rapat majelis tinggi partai tanggal 10 yang lalu. Pasangan calonnya belum,” kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2017.

Walaupun belum ketuk palu, pilihan Demokrat boleh disebut hampir pasti Khofifah –penantang utama Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul), juga calon gubernur. Untuk mempercepat proses pematangannya, Hinca menyebutkan DPP menugasi Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo (Pakde Karwo) –juga Gubernur Jawa Timur–untuk berkomunikasi intens dengan Khofifah.

[Baca juga: Koalisi Pilgub Jatim: Pertarungan Barisan Pendukung Jokowi versus Poros Oposisi]

“Masih terus berkomunikasi. Sudah 3-4 kali dan terus akan berkomunikasi sampai nanti final. Mudah mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama, bisa kami umumkan,” paparnya.

Mengenai koalisi partai pendukung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur 2018, Hinca menyatakan konstelasinya tidak akan dipengaruhi oleh sikap Demokrat yang menjadi penyeimbang dan berada di luar pemerintah saat ini. Hal ini serupa dengan di 170 daerah lain yang melaksanakan Pilkada serentak 2018.

“Kalau pilkada keniscayaan. Di satu titik kita bisa satu perahu, di titik lain di seberangnya. Hari ini aku bersama kau, di seberang kita harus berpisah. Itu normal saja,” tegas Hinca lagi.

Saat ini, Khofifah resmi diusung Partai Nasdem dan Partai Golkar. Tak lama lagi diperkuat oleh Demokrat. Pertemanan dan kemitraan Khofifah dan SBY sudah lama terjalin di kabinet pemerintah pusat. ()Madi Cakra


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here