Disebut Pendiri, Demokrat Ikut Jejak PAN Jadikan Demiz Calon Gubernur?

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (kiri) di DPRD Jawa Barat (Ridwan Ewako/PemiluUpdate.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Partai Demokrat melempar isyarat bakal juga mengusung Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) sebagai kandidat calon gubernur pada Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2018.

Sebelumnya, parpol yang secara tegas melansir Demiz sebagai usungannya pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Barat yakni PKS dan PAN. Belakangan PDIP mewacanakan.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengakui bahwa partainya tengah menjalin komunikasi intens dengan Demiz, sehubungan perhelatan pilgub. Jenderal Nagabonar, sapaan populer budayawan yang kini menjalani tahun kelima sebagai birokrat, diposisikan Demokrat sebagai kandidat prioritas.

“Untuk diketahui Pak Dedy Mizwar bukan orang baru bagi Demokrat. Dia termasuk bagian lahirnya partai ini,” kata Hinca di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, Selasa, 31 Oktober 2017.

Hinca menambahkan dengan latar belakang dimaksud, pembahasan kepesertaan Demiz sebagai salah seorang yang digadang-gadang menjadi calon gubernur semakin intens. Tidak ada kendala sedikitpun.

“Kalaupun nanti dia sering berkomunikasi dengan kita, judulnya itu, ‘Kembalinya Si Anak Rantau,” ujar Hinca seraya tersenyum.

[Baca juga: Terima Usulan PAN Usung Demiz, Poros Baru Sepakati Enam Poin]

Meski mengakui komunikasi semakin positif, Hinca menyebut partai besutan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) belum akan mengungkapkan figur yang akan diusung sebagai calon gubernur-wakil gubernur Jawa Barat dalam pilkada mendatang. 

Namun, sela Hinca, pihaknya tidak akan memperkenalkan pasangan calonnya pada Pilgub Jawa Barat pada menjelang pendaftaran 8 Januari 2018.

“Mudah-mudahan nggak pada 8 Januari. Nggak harus seperti Jakartalah, yang detik-detik terakhir begitu. Mudah-mudahan lebih cepat,” tutur Hinca, yang mantan pengurus PSSI.


Iwan Dieliminir

Jika Demokrat juga akhirnya mengusung Deddy “Nagabonar” Mizwar sebagai calon gubernur pada Pilgub Jawa Barat, maka hasrat Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Barat Iwan R. Sulandjana maju pada kontestasi pilkada tak bakal terealisasi. Keputusan DPP Partai Demokrat tak bakal ditolaknya.

Pada Pilgub Jawa Barat 2018, Iwan menggagas lahirnya koalisi Poros Baru. Di dalamnya terdapat Demokrat, PAN, Gerindra, dan PPP. Belakangan PPP membelot, lalu merapat ke kubu Partai Nasdem yang telah mendeklarasikan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) sebagai calon gubernur.

[Baca juga: PKS Tetap Demiz-Syaikhu, Mulyadi: ‘Jangan Ganggu Kebahagiaan Orang’]

Dalam proses penggodokan pasangan calon gubernur-wakil gubernur, Iwan dikabarkan hendak maju sebagai calon Jabar 1 atau Jabar 2. Selain dirinya, DPD Partai Demokrat Jawa Barat juga menggadang-gadang Dede Yusuf, mantan Wakil Gubernur Jawa Barat yang kini anggota DPR RI.

Belakangan PAN menyebut Demiz sebagai jagoannya, Demokrat dan Gerindra sejauh ini menyebut menerima usulan mitra koalisinya ini.

Kursi calon wakil gubernur lalu diperebutkan Demokrat dan Gerindra. Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Barat Mulyadi disebut-sebut berpeluang diusung partainya, sesuai rekomendasi 27 DPC se-Jawa Barat. Begitupun Iwan sebagai pentolan Demokrat Jawa Barat. ()Madi Cakra/BIH


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]

Komentar Anda?

Please enter your comment!
Please enter your name here