Golkar juga Utamakan Kader Internal sebagai Calon Gubernur Jabar

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Idrus Marham (Istimewa/liputan6.com)

JAKARTA, PemiluUpdate.com – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Golkar Idrus Marham mengungkapkan pihaknya belum mengeluarkan rekomendasi resmi calon gubernur atau wakil gubernur Jawa Barat (Jabar) pada Pilkada 2018, kepada siapapun.

Informasi yang santer beredar menyebutkan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, yang juga ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, sebagai calon kuat yang diusung partai beringin. Selain Dedi, beredar pula kabar bahwa Golkar bakal mengusung Wali Kota Bandung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur.

“Apa aspirasi rakyat, perlu kita cek. Caranya adalah survei. Itu yang saya sampaikan. Kami ingin menang, makanya harus tanya aspirasi rakyat,” Idrus menjelaskan di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta, Minggu, 8 Oktober 2017.

Walaupun memastikan Dedi hingga kini belum menerima surat keputusan (SK), Idrus mengungkapkan bahwa Bupati Purwakarta ini mempunyai dukungan massa cukup besar di daerahnya. Disebutkan mulai tingkat bawah hingga level atas masyarakat.

“Memang di dalam rapat kemarin, kami sudah memperhatikan aspirasi itu. Kami mengedepankan Saudara Dedi,” ucapnya.

[Baca juga: Gerindra Banten Perjuangkan Kader Internal jadi Kandidat Pilkada 2018]

Idrus menegaskan Golkar berkomitmen untuk mendukung kader internal pada Pemilu Gubernur (Pilgub) Jawa Barat. “Apalagi dia pengurus,” ujar Idrus.

Parpol lain yang juga sejak awal berkomitmen mengusung kader internalnya sebagai calon kepala daerah pada Pilkada 2018 yakni Partai Gerindra, antara lain.

Ditambahkan, DPP menyarankan agar Dedi terus melakukan komunikasi politik dengan parpol lain. Kursi Golkar di DPRD Jawa Barat yang hanya 17 tak cukup untuk mengusung sendiri pasangan calon gubernur-wakil gubernur.

“Itu belum cukup, harus berkoalisi dengan partai lain. Sebaliknya juga tentang posisi (gubernur atau wakil gubernur). Simulasi perlu kami lakukan,” paparnya.

Berdasar pertimbangan survei dan simulasi pasangan calon gubernur-wakil gubernur bersama mitra koalisi, Golkar mengeluarkan rekomendasi resmi calon kepala daerah. ()Madi Cakra


[Surel: pemiluupdate@gmail.com]